Hasto Sebut Bakal Ada Pembahasan Khusus soal Sikap PDIP di Pemerintahan Baru
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya belum mengambil sikap terkait posisi di pemerintahan mendatang. Katanya, pembahasan akan dilakukan secara khusus.

Hal ini disampaikan Hasto menanggapi pernyataan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo yang memilih berada di luar pemerintahan dibanding mengisi jabatan menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Sikap berada di dalam maupun luar pemerintahan merupakan keputusan politik strategis sehingga akan dilakukan pembahasan khusus,” kata Hasto kepada wartawan di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 1 April.

Hasto belum memerinci kapan pembahasan khusus itu dilakukan. Hanya saja, dia memastikan proses ini tak akan dalam waktu dekat.

Penyebabnya, partai berlambang banteng kekinian sedang fokus mengikuti jalannya sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“(Pembahasan dan keputusan, red) tidak sekarang karena kami ini kami konsentrasi di MK dan berbagai upaya hukum yang akan dilakukan,” tegasnya.

Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu menyatakan memilih berada di luar pemerintahan ketimbang mengisi jabatan menteri. Eks Gubernur Jawa Tengah itu ingin agar fungsi pengawasan bisa lebih maksimal terhadap pemerintahan yang baru mendatang.

“Kalau saya berada di luar mungkin itu jauh lebih baik karena check and balance pasti akan terjadi dan lebih banyak yang hebat di kelompoknya masing-masing apalagi kalau kita lihat banyak sekali tim atau partai politik yang mendukung paslon pasti juga punya harapan,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 26 Maret.