Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akan melakukan pertemuan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Minggu, 30 April mendatang. Mereka akan membicarakan kerja sama setelah partai berlambang ka'bah tersebut memberi dukungan pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bilang Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono akan memimpin rombongan. Pembahasan kerja sama akan dilakukan secara langsung.

"Pukul 14.00 WIB, Pak Mardiono bersama jajaran pengurus PPP akan kami terima di kantor DPP PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 April.

Meski baru bertemu Minggu besok, Hasto bilang komunikasi politik sudah terjalin. Nantinya, rombongan ini bakal ditemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Komunikasi via telpon sudah dilakukan. Minggu akan menjadi kesempatan pertama bertemu dengan Ibu Megawati Soekarnoputri guna meneguhkan kerjasama politik," tegasnya.

Dengan pertemuan ini, Hasto berharap dua partai bisa bekerja sama memperkuat sistem presidensial. PDIP ingin PPP bisa membantu memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.

"Diyakini kerjasama dengan PPP sangat positif, dan semakin memperkuat energi kemenangan Pilpres 2024. Seluruh kerjasama Partai Politik dilakukan melalui komunikasi Partai dengan Partai," sebut Hasto.

Lebih lanjut, Hasto bilang partainya masih membuka peluang kerja sama politik untuk memenangkan Ganjar. Ada beberapa syarat, pertama sudah mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Tapi, syarat ini tak berlaku bagi partai yang lebih dulu mendeklarasikan dukungan tanpa berkomunikasi. Berikutnya, partai yang bergabung punya ideologi dan agenda masa depan yang sama.

"Ketiga, tidak bisa dipungkiri bahwa kerja sama juga memperkuat aspek elektoral capres," pungkasnya.