Disdik Kabupaten Kukar Kampanyekan Sekolah Sehat
Foto Antara

Bagikan:

TENGGARONG - Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur terus mengampanyekan Gerakan Sekolah Sehat, untuk menyadarkan semua pihak pentingnya menjaga sekolah selalu sehat dan mencetak generasi sehat, cerdas, dan berkarakter.

"Dalam waktu dekat Gerakan Sekolah Sehat juga akan disosialisasikan lagi agar dapat dipedomani," ujar Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) - Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Disdik Kukar Ida Wahyu Sayekti di Tenggarong, Minggu.

Kampanye dan sosialisasi dinilai merupakan hal yang harus dilakukan, agar semua pihak mengetahui dan sadar pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang sehat dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas.

Untuk kampanye, katanya, telah dan akan terus dilakukan ke semua lembaga satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SKB dan PKBM, karena semua lembaga ini memang harus bersama-sama Dinas Pendidikan mewujudkan sekolah yang sehat, cerdas, dan berkarakter.

Ia mengatakan Gerakan Sekolah Sehat sebenarnya sudah ada sebelumnya, yakni gerakan yang diterapkan melalui usaha kesehatan sekolah (UKS) di masing-masing sekolah, yakni sekolah sehat harus mengarah pada lima aspek yang meliputi sehat fisik, sehat gizi, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan.

Sehat bergizi diperoleh dari gizi seimbang dengan pembiasaan makan dan minum yang bergizi, menghindari konsumsi makanan cepat saji, makanan/minuman yang berpemanis, berpengawet, kurang serat, tinggi gula, garam, dan lemak, termasuk dengan pembiasaan menerapkan kantin sehat.

Sebelumnya, saat Sosialisasi Pelaksanaan Uji Kesetaraan di Samarinda, pada Jumat (29/3), Ida Wahyu juga mengatakan hal yang sama, bahkan Gerakan Sekolah Sehat tersebut akan dilombakan mulai tingkat sekolah, tingkat kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional, sehingga hal ini bisa pendorong tiap satuan pendidikan.

"Saya mengajak semua lembaga pendidikan serius menerapkan Gerakan Sekolah Sehat, karena selain tujuannya yang sudah jelas juga akan dilombakan sampai tingkat nasional. Untuk lomba sekolah sehat berupa video gerakan sekolah sehat, maka mulai sekarang harus dipersiapkan," kata Ida.

Terkait