Said Abdullah PDIP Imbau Pendukung 03 Ikuti Pengumuman KPU dengan <i>Tumakninah</i>
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Foto: Nailin In Saroh/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan pihaknya akan merespons terkait hasil Pemilu 2024 setelah penetapan resmi oleh KPU RI nanti malam.

Sementara ini, Said mengimbau semua pihak khususnya pendukung Paslon 03 untuk mengikuti pengumuman tersebut dengan baik. 

"Mari kita ikuti pengumuman KPU dengan baik dengan tumakninah (Tenang, RED) dengan sempurna. Namanya juga pengumuman, bahwa pada satu sisi dibalik pengumuman itu ada proses yang kami kritisi, itu menjadi domain kami yang menjalani proses pemilu. Baik pilpres maupun pileg," ujar Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 Maret. 

Said mengatakan, respons dari pihaknya akan disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Atau bahkan langsung ditanggapi Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

"Insyaallah pengumuman resmi barangkali akan disampaikan Pak Sekjen atau Pak Ganjar untuk merespon hasil pengumuman pemilu," katanya. 

Said juga menyinggung soal sikap PDIP yang akan mengambil langkah gugatan atau hak angket menyikapi hasil pemilu. Dia mengatakan, kubu Paslon 03 sedang melakukan pendalaman data dan mengumpulkan saksi-saksi.

Setelah data dan saksi langkah hingga momen-momen proses pemilu semua terdokumentasi dengan baik, kata Said, barulah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan respons keputusannya pada dinamika yang berkembang. Termasuk soal pengajuan hak angket di DPR. 

"Proses proses yang dilalui momen momen yang dilalui, semua terdokumentasi dengan baik baru ketum akan memberikan respons keputusannya terhadap dinamika yang berkembang," katanya.

Ditanya apakah Megawati akan mengumumkan langsung sikap PDIP terhadap hasil pemilu, Said menegaskan Ketum hanya memutuskan yang kemungkinan disampaikan oleh Sekjen ke publik. 

"Yang memutuskan (Megawati, red), bisa saja yang mengumumkan pak sekjen," tambah Said.

Terkait