Sempat Ricuh, Dua Kelompok Massa Saling Lempar Botol dan Panjat Pagar Gedung DPR RI
Kepolisian berjaga di antara dua kubu massa di depan Gedung DPR RI/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Dua kelompok massa aksi demo terlibat aksi saling lempar botol air mineral di depan pagar utama gedung DPR RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret.

Mereka terprovokasi melalui alat pengeras suara dari masing-masing mobil komando. Sementara api yang membakar ban bekas terus menyala berkobar di kubu anti pemerintah Jokowi.

Dari pantauan VOI di lokasi, terlihat kelompok massa anti pemerintahan Jokowi memprovokasi rombongan pelajar dan mahasiswa melalui alat pengeras suara.

Kemudian beberapa orang massa anti pemerintahan juga mengacungkan jari tengah ke arah massa pendukung pemerintah.

Sontak, aksi tersebut memancing amarah dari kedua belah pihak. Mereka pun saling lempar botol air mineral. Aksi saling lempar terjadi sekitar 5 menit. Tidak ada korban akibat kejadian ini.

Padahal pada barrier tengah telah ditempatkan personel Kepolisian dengan seragam lengkap dan dua lapis pagar pembatas.

Kedua belah massa berbeda itu juga sempat beberapa kali memanjat pagar besi yang telah dipasang polisi. Namun tindakan itu berhasil dihalau aparat Kepolisian yang sigap membaca situasi.

Aksi massa dari kalangan mahasiswa dan pelajar pendukung pemerintah Jokowi akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka menarik diri agar terhindar dari massa penyusup yang mencoba melakukan provokasi.

Sementara personel Brimob berseragam lengkap dengan tameng dan mobil rantis mulai dikerahkan sekitar pukul 19.00 WIB. Aksi unjukrasa penuntut Jokowi dilengserkan masih bertahan hingga pukul 20.30 WIB tadi.