Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati menyebut stok pangan di Jakarta masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan hingga Idulfitri 1445 H.

"Berdasarkan kondisi saat ini, maka diperkirakan saat Ramadhan dan Idulfitri 2024 ketersediaan pangan di Provinsi DKI Jakarta dalam kondisi cukup," kata Suharini dalam pesan singkat, Jumat, 15 Maret.

Pada pekan kedua bulan Maret 2024, tercatat stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang dan PT. Food Station Tjipinang Jaya sebanyak 46.237 atau berada di atas batas aman kecukupan beras di angka 30.000 ton per hari.

"Sedangkan ketersediaan beras di Bulog Kanwil DKI Jakarta berkisar 14.882 ton," ungkap Suharini.

Lalu, dalam pantauan BUMD pangan di Pasar Induk Kramat Jati, komoditas hortikultura berupa aneka cabai dan bawang serta pangan hewani seperti daging sapi, daging ayam ras dan telur ayam ras juga dalam kondisi cukup.

Sementara itu, komoditas pangan yang masih mengalami kenaikan harga adalah beras premium. Kini, harganya menembus antara Rp17 ribu hingga Rp18 ribu di pasaran. Hal ini diakui juga oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Beras lokal panennya belum panen raya. Jadi harganya tinggi karena barangnya kurang, kan baru tanam, biasanya Januari panen raya, ini panen rayanya mundur di bulan depan dan bulan Mei,” katanya di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret.

Namun, pria yang akrab disapa Zulhas ini optimistis bahwa harga beras bisa turun di bulan depan, menyusul mulai memasukinya masa panen raya.

“Mudah-mudahan bulan depan sudah panen raya, sehingga bulan depan harga bisa turun,” tuturnya.

Begitu juga dengan harga cabai. Dalam peninjauan Zulhas, kenaikan harga untuk komoditas cabai, ada yang mencapai Rp100.000 per kilogram (kg).

“Tadi kita lihat banyak, ayam banyak, telur banyak, beras banyak, minyak banyak, tepung banyak, gula banyak. Memang ada yang harganya naik, cabai. Kemarin kata ibu tadi ada Rp70.000 per kilogram (kg) tapi hari ini Rp100.000, ada Rp90.000,” jelasnya.