BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Sejumlah Daerah Berpotensi Hujan Lebat hingga Sebabkan Banjir
Hujan Lebat (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah daerah di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Bahkan beberapa daerah bisa terkena banjir karena hujan lebat.

Dalam peringatan cuaca BMKG yang dikutip dari Jakarta, Senin, 11 Maret, sejumlah titik di provinsi yang diprakirakan mengalami hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu, hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Dikutip dari ANTARA, hujan lebat dapat turun di sejumlah kota besar di Indonesia termasuk Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung dan Mamuju. Dengan hujan sedang diprakirakan terjadi di Yogyakarta, Palangka Raya, dan Kupang.

Khusus wilayah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta Kepulauan Seribu. Sementara hujan ringan terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

BMKG memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir. Termasuk wilayah di Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Kategori waspada juga diberikan pada Senin kepada Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.