Rangkaian Hari Raya Nyepi 2024 yang Dilakukan Rutin Setiap Tahun
Tradisi Nyepi (Gambar Florian GIORGIO - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari Raya Nyepi sebentar lagi akan tiba yang telah dinanti-nanti umat Hindu se Indonesia yang bertepatan pada tanggal 11 Maret 2024 nanti. Nantinya perayaan ini akan dihiasi dengan berbagai ragam rangkaian prosesi Hari Raya Nyepi yang bakal dilakukan oleh umat Hindu. Lantas apa saja sih rangkaian hari raya nyepi 2024 nanti?

Umumnya, Hari Raya Nyepi merupakan hari sucinya umat Hindu yang memperingati tahun baru Saka. Melansir dari beberapa sumber, beda jauh dengan perayaan tahun baru Masehi yang penuh dengan riuhnya keramaian dan kemeriahan, tahun baru Saka diperingati dengan menyepi.

Selama Nyepi dilakukan, ada berbagai macam larangan yang mesti ditaati oleh umat Hindu. Tak hanya itu saja, ada pula sejumlah upacara adat yang dilangsungkan oleh umat Hindu dalam menyambut kehadiran Hari Raya Nyepi.

Jadi seperti apa sih serangkaian prosesi Hari Raya Nyepi untuk umat Hindu itu? Pasalnya, sebagai hari raya suci bagi umat Hindu, supaya bisa mengenali salah satu budaya khas Indonesia yang satu ini ada beberapa rangkuman informasi secara lengkap untuk kalian. Yuk, simak seperti apa penjelasannya!

Rangkaian Hari Raya Nyepi 2024

Ketika Hari Raya Nyepi berlangsung, ada berbagai macam prosesi yang mesti dijalankan oleh umat Hindu. Hal itu bisa sebelum ataupun sesudah nyepi berlangsung. Melansir dari situs Kemenparekraf RI dan Kemenag RI, ini dia sejumlah prosesi Hari Raya Nyepi di Indonesia.

1. Upacara Melasti

Secara etimologis, Melasti berasal dari kata “mala” yang bila ditafsirkan ialah kotor, lalu “Asti” yang diartikan sebagai menghilangkan segala bentuk kotoran untuk mencapai kesucian.

Biasanya, Melasti dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi datang, acaranya berlangsung sekitar dua atau tiga hari sebelumnya. Proses ini jadi salah satu yang masih dijaga dan dilestarikan di Bali. Tujuan dari Melasti ini ialah untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi.

2. Tawur Kasanga

Untuk prosesi yang selanjutnya adalah Tawur Kasanga. Prosesi ini biasanya dilakukan sehari sebelum perayaan Nyepi. Prosesi ini biasanya disebut sebagai Mecaru. Lewat proses ini, umat Hindu bisa melihat pawai Ogoh-ogoh.

Menurut KBBI, Ogoh-ogoh diartikan sebagai patung yang berbahan dasar bambu, kertas yang biasanya memiliki wujud raksasa yang diarak keliling desa pada hari tertentu. Biasanya ogoh-ogoh diarak sehari sebelum perayaan Nyepi tiba.

3. Catur Brata Penyepiana

Ketika Raya Nyepi tiba, umat Hindu biasanya juga menjalankan Catur Catur Brata Penyepianari . Terdapat empat larangan yang ada di dalam prosesi ini, yaitu Amati Geni, Amati Lelaungan, Amati Karya, dan Amati Lelungan.

Amati Geni bisa diartikan sebagai larangan untuk menyalakan api. Kemudian Amati Lelaungan berupa larangan untuk bersenang-senang. Lalu, Amati Karya berupa larangan untuk berkativitas serta bekerja. Terakhir ialah Amati Lelungan yang diartikan sebagai larangan untuk bepergian.

4. Ngembak Geni

Ritual Ngembak Geni berlangsung setelah hari H perayaan Hari Raya Nyepi. Biasanya ritual Ngembank Geni ini dilakukan oleh umat Hindu untuk saling mengunjungi rumah keluarga, sanak saudara, maupun tetangga. Prosesi ini biasanya dijadikan sebagai penutup prosesi Nyepi dan prosesi ini jadi simbol untuk memulai lembaran baru.

Ngomongin soal Hari Raya Nyepi, baca juga: “Saat Nyepi, PLN Prediksi Suplai Listrik di Bali Bakal Menurun” untuk informasi masyarakat Bali.

Jadi setelah mengetahui rangkaian Hari Raya Nyepi 2024, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!