Pesawat Perintis Smart Aviaton Diduga Jatuh di Tebing Gunung Narita Krayan
Tim SAR menuju lokasi jatuhnya pesawat maskapai Smart Aviation/FOTO IST

Bagikan:

TARAKAN – Pesawat perintis milik maskapai Smart Aviation yang dikabarkan hilang kontak kini sudah diketahui keberadaannya.

Pesawat jenis PK SNE type Pilatus PC6 awalnya lepas landas dengan rute penerbangan dari Tarakan menuju Desa Binuang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Pesawat diduga jatuh di tebing gunung Narita, sekitar 4 kilometer dari titik bandara perintis desa Binuang, Kecamatan Krayan Tengah.

Kapolsek Krayan Selatan Ipda Andi Irwan mengatakan warga sekitar lokasi kejadian sempat mendengar dentuman keras di tebing gunung sekira pukul 10.00 WITA. Namun, warga belum mengetahui pasti penyebab ledakan itu berasal dari jatuhnya pesawat perintis itu.

"Saya sudah perintahkan empat personel Polsek Krayan Selatan untuk menuju lokasi kejadian bersama warga setempat," kata dia, Jumat, 8 Maret.

Untuk mencapai lokasi kejadian, personel Polsek hanya bisa menggunakan sepeda motor jenis trail karena kondisi jalan harus melintasi daerah pegunungan.

 

"Selain itu jaringan telepon apalagi internet internet tidak ada, saya masih menunggu laporan dari personel kami yang sedang dalam perjalanan," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, pesawat perintis (Smart) itu membawa sembako yang masuk dalam program subsidi ongkos angkut (SOA) barang yang dibiayai pemerintah pusat melalui APBN 2024.

Pesawat tersebut diawaki pilot Capt M Yusuf dan engineer on board (EOB), Deni S. Pesawat kargo ini  membawa muatan seberat 583 kilogram.