HUT Damkar, Anies: Terima Kasih karena Sudah Menangkap Ular Sampai Melepaskan Cincin
Petugas memadamkan kebakaran (Foto: Diah/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi apresiasi kepada jajaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI pada hari ulang tahuan pemadam kebakaran se-Indonesia yang ke-102.

Anies bangga kepada jajarannya karena memiliki kesiapsiagaan melaksanakan panggilan tugas, termasuk keberaniannya memadamkan kobaran api.

"Sadarilah bahwa kekuatan terbesar dari seorang petugas adalah kesiapsiagaannya. Siap siaga untuk apa? melaksanakan panggilan tugas, berani menghadapi tantangan, termasuk berani menghadapi jago merah. Semua dilakukan dengan penuh keseriusan dengan keberanian," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI, Senin, 1 Maret.

Anies mengucapkan terima kasih kepada petugas yang dengan ikhlas mengerjakan tugas yang seringkali tidak terbayangkan sebelumnya. Selain memadamkan api, pemadam kebakaran juga kerap melakukan upaya penyelamatan.

"Terima kasih karena pengabdian dari para petugas mengerjakan yang sering tak terbayangkan. Termasuk diantaranya penanganan hewan liar, menangkap ular, menyelamatkan benda-benda dari ketinggian bangunan, termasuk menyelamatkan orang-orang dari bangunan runtuh," ungkap Anies.

"Bahkan, ada (tugas penyelamatan) yang unik. Dipanggil, dimintai tolong untuk melepaskan cincin dari jari," lanjut dia.

Anies menyebut bahwa tugas pemadam kebakarang merupakan hal mulia. Sebab, di saat orang beramai-ramai menjauhi titik bencana dalam suatu peristiwa, petugas damkar justru mendekati lokasi bencana untuk mengendalikannya.

"Jangan pernah merasa malu menjadi seorang petugas pemadam kebakaran. Ini adalah sebuah kehormatan. Ini adalah sebuah tugas mulia. Ini profesi yang memberikan pesan pengabdian luar biasa," tuturnya.