Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Keselamatan 2024 di seluruh wilayah Indonesia. Khusus di Jakarta, ada 6 lokasi yang menjadi titik pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Operasi di hari kedua dilakukan di 6 titik, yakni Stasiun Palmerah, Plaza Senayan, Bundaran HI, Sepanjang Sudirman Thamrin, Jalan Tentara pelajar dan Stasiun Kuningan Jalan Rasuna Said," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Selasa, 5 Maret.

Dalam operasi itu, petugas membagikan brosur kepada masyarakat yang isinya soal tertib berlalu lintas. Selain itu, pemberian arahan dan imbauan juga dilakukan melalui pengeras suara

Operasi Keselamatan Jaya 2024 ini merupakan bagian dari upaya Polda Metro Jaya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.

“Untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas kunci utama, yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat" kata Ade.

Operasi Keselamatan 2024 dilaksanakan selama 14 hari terhitung pada 4 Maret hingga 17 Maret.

Pada kegiatan tersebut, ada 11 jenis pelanggaran yang akan ditindak dalam operasi tersebut.

Pertama, pelanggaran berupa berkendara sambil menggunakan ponsel. Kemudian, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, pemotor tak menggunakan helm SNI dan pengendara mobil tidak menggunakan sabuk keselamatan atau safety belt.

Lalu, pelanggaran berupa melawan arus, melebihi batas kecepatan, bermuatan lebih dari kapasitas kendaraan, motor berknalpot brong, penggunaan strobo di kendaraan yang tak semestinya, dan penggunaan pelat nomor khusus atau rahasia