Kandidat Bakal Calon Gubernur Jakarta 2024, dari Riza Patria Sampai Ridwan Kamil
Ilustrasi baliho Ridwan Kamil (@bandungupdatae)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjelang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 mulai muncul beberapa sosok yang diperkirakan akan maju mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kandidat cagub Jakarta yang muncul pun politisi senior yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di Ibu Kota.

Kandidat Bakal Calon Gubernur Jakarta 2024

Seperti diketahui, Pilkada DKI akan digelar pada bulan November 2024 mendatang. Ada beberapa sosok yang diisukan mencalonkan diri dalam Pilkada DKI Jakarta pada November nanti yakni sebagai berikut.

1. Ahmad Riza Patria

Ahmad Riza Patria adalah politisi sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2020-2022 mendampingi Anies Baswedan yang menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ahmad Riza sendiri menggantikan Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI yang kemudian memutuskan untuk mundur dari jabatan tersebut demi maju di Pemilu 2019.

Nama Ahmad Riza Patria diisukan dimungkinkan maju sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah beredar video yang memperlihatkan ia bersama Mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Video tersebut dibuat sebagai ucapan terima kasih mewakili Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran Provinsi DKI Jakarta. Menariknya, ia mengajak untuk bekerja lagi untuk Jakarta.

"Yuk, kita kerja lagi untuk Jakarta, Bro," kata Zaki. "Oke, Gas," ucap politisi Gerindra.

2. Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni adalah politisi yang kini menjadi petinggi di NasDem. Ia juga menjadi anggota DPR RI sebanyak dua periode sejak tahun 2014. Untuk saat ini, Ahmad Sahroni duduk sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI.

Nama Ahmad Sahroni santer diisukan maju sebagai Cagub DKI Jakarta 2024 nanti. Isu itu muncul setelah ia mengomentari baliho Ridwan Kamil yang disebut akan maju sebagai DKI 1. Ia sendiri mengaku belum menentukan arah politiknya pada Pilkada Jakarta tahun ini. Namun, ia mengklaim akan lebih mudah jika ia maju sebagai DKI 1 karena beberapa alasan, pertama ia adalah putra daerah dan ia tinggal di Jakarta.

“Kalau saya kan sudah di Jakarta. Kalau RK doang, mah, gampang, dah. Lawannya terlalu mudah,” jelas Sahroni saat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Maret 2024.

3. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Setelah itu ia mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat dan berhasil lolos untuk periode 2018-2023.

Setelah tak lagi menjabat sebagai Gubernur, Ridwan Kamil resmi menjadi anggota Partai Golkar dengan jabatan sebagai wakil ketua umum. Ia juga dinilai berjasa dalam Pilpres 2024 karena ikut memenangkan pasangan Prabowo-Gibran karena menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat.

Kabar rencana pencalonan pria yang akrab disapa Kang Emil itu muncul setelah sebuah baliho Ridwan Kamil terpampang di Jalan Hang Lekir, Jakarta Selatan. Baliho tersebut memuat gambar yang sarat akan pencalonan dirinya dalam Pilgub DKI 2024.

Itulah beberapa kandidat bakal calon Gubernur Jakarta 2024. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.