Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi calon penumpang berkebutuhan khusus bisa mendapat layanan prioritas di Kereta Cepat Whoosh. Pasalnya, PT KCIC menyediakan fasilitas untuk penumpang prioritas (key passenger). Untuk mendapatkannya, simak cara mendapat layanan penumpang prioritas kereta cepat Whoosh lebih dulu.

Cara Mendapat Layanan Penumpang Prioritas Kereta Cepat Whoosh

Penumpang yang mendapat prioritas di layanan Kereta Cepat Woosh adalah seseorang berkebutuhan khusus sehingga perlu penanganan spesial. Penumpang yang mendapat prioritas di Woosh seperti penyandang disabilitas, lansia, anak tanpa pendamping, ibu hamil dan menyusui, atau penumpang yang dalam kondisi sakit.

Penumpang yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan layanan penumpang prioritas di Woosh harus melapor ke petugas yang berjaga atau dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Setelah sampai di stasiun Kereta Cepat Whoosh, segera temui petugas passenger service at platform. Atau penumpang bisa menemui security atau supervisor stasiun yang nantinya akan membantu penumpang mendapat pelayanan tersebut.
  • Penumpang akan ditanya terkait kebutuhan yang harus dipenuhi hingga detail perjalanan
  • Setelah itu petugas yang berjaga akan memberi pendampingan kepada penumpang untuk diserahkan kepada kondektur atau pramugari Woosh.
  • Penumpang akan diantar ke kursi yang sebelumnya sudah dipesan
  • Setelah kereta tiba di stasiun tujuan, penumpang akan dijemput oleh petugas khusus yang akan mengantar penumpang tersebut hingga meninggalkan stasiun.

Daftar Fasilitas Penumpang Prioritas Woosh

PT KCIC sendiri telah menyediakan berbagai fasilitas yang diperuntukkan bagi para penumpang prioritas Woosh.

Dikutip dari situs resmi KCIC, ada beberapa fasilitas yang akan diberikan secara gatis kepada key passenger yakni sebagai berikut.

  • Layanan dari petugas yang berjaga
  • Lift
  • Escalator
  • Kursi prioritas
  • Guiding block
  • Toilet khusus

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, penumpang prioritas diminta untuk tidak sungkan meminta bantuan petugas yang berjaga di tiap stasiun. Layanan juga akan diberikan semaksimal mungkin kepada penumpang demi kenyamanan.

Cara Beli Tiket Kereta Cepat Woosh

Bagi masyarakat yang ingin membeli Kereta Cepat Woosh diharuskan membeli tiketnya lebih dulu. Pembelian tiket KA Cepat Woosh bisa dilakukan di aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, loket, atau Ticket Vending Machine.

  1. Kunjungi website ticket.kcic.co.id
  2. Penumpang harus melakukan registrasi akun lebih dulu
  3. Jika sudah memiliki akun, silakan login dengan akun yang dimiliki
  4. Setelah itu isi stasiun keberangkatan dan tujuan
  5. Isi tanggal keberangkatan
  6. Klik “Cari”
  7. Tunggu sebentar hingga muncul jadwal kereta. Penumpang bisa memilih jadwal sesuai keinginan
  8. Setelah itu pilih “Reservasi”
  9. Penumpang diminta memilih posisi tempat duduk sesuai keinginan dan ketersediaan
  10. Setelah selesai, silakan lakukan pembayaran mengikuti metode yang tersedia.

Calon penumpang juga disarankan untuk memantau harga tiket Kereta Cepat Whoosh yang berlaku sesuai aturan.

Itulah informasi terkait cara mendapat layanan penumpang prioritas Kereta Cepat Whoosh. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.