Bagikan:

YOGYAKARTA – Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memperpanjang daftar tokoh penerima gelar Jenderal Kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah. Sebelumnya ada beberapa tokoh lain yang menerima gelar serupa.

Dikutip dari ANTARA, Prabowo terima kenaikan pangkat kehormatan istimewa, dari purnawirawan jenderal bintang tiga jadi jenderal bintang empat kehormatan yang diberikan oleh Presiden RI. Acara penyerahan digelar hari ini, Rabu, 28 Februari bertempat di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap Jakarta.

Tokoh Penerima Gelar Jenderal Kehormatan

Penganugerahan kenaikan pangkat kehormatan Jenderal diberikan sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi seseorang terhadap dunia militer dan pertahanan Tanah Air.

Dalam sejarah kemiliteran Indonesia, tercatat ada beberapa tokoh TNI yang mendapatkan kenaikan pangkat kehormatan tersebut yakni sebagai berikut.

1. Sarwo Edhie Wibowo

Jenderal TNI (HOR.) (Purn.) Sarwo Edhie Wibowo dikenal sebagai salah satu tokoh militer Tanah Air di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Ia sempat menjadi panglima RPKAD (sekarang Kopassus). Tidak hanya di bidang militer, Sarwo Edhie juga pernah menjadi Duta Besar RI untuk Korea Selatan. Pemberian penghargaan kenaikan pangkat kehormatan diberikan oleh Soeharto kepada Sarwo Edhie pada November 1997.

2. Soesilo Soedarman

Presiden ke-2 RI Soeharto juga memberikan anugera Jenderal Kehormatan kepada Soesilo Soedarman ketika ia duduk sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia di era Kabinet Pembangunan VI (1993–1998). Sebelum jadi Menko Polhukam, Soesilo juga pernah duduk di kursi Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. Ia juga pernah menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

3. Agum Gumelar

Selain Soeharto, Presiden RI lain yang juga memberikan gelar Jenderal Kehormatan adalah Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang merupakan Presiden RI ke-4. Kala itu ia sempat memberikan anugerah tersebut kepada Agum Gumelar saat ia menjabat sebagai Menteri Perhubungan periode 1999-2001. Setelah itu ia kemudian duduk lagi di kursi Menteri sebagai Menhan dan Menko Polhukam.

4. Luhut Binsar Pandjaitan

Tidak hanya Agum Gumelar, Gus Dur juga memberikan gelar Jenderal Kehormatan kepada Purnawirawan Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan saat ia menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia (2000–2001).

5. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri juga sempat memberikan gelar Jenderal Kehormatan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pemberian kenaikan pangkat tersebut diberikan saat SBY menjabat jadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan di era kepemimpinan Megawati (2001-2004).

6. Hari Sabarno

Presiden Megawati juga memberikan gelar Jenderal Kehormatan kepada Purnawirawan TNI Hari Sabarno. Pemberian kenaikan pangkat tersebut dilakukan pada tahun 2004 dari Letnan Jenderal (purnawirawan) menjadi Jenderal (kehormatan). Kala itu ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

7. Abdullah Mahmud Hendropriyono

Purnawirawan Jenderal TNI Abdullah Mahmud Hendropriyono atau A.M. Hendropriyono menerima penganugerahan Jenderal Kehormatan ketika ia menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (2001–2004). Gelar tersebut diberikan oleh Presiden Megawati. Tidak hanya dikenal sebagai tokoh militer, ia juga dikenal sebagai politikus Tanah Air.

Itulah beberapa tokoh penerima gelar Jenderal Kehormatan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.