Hari Kanker Anak Sedunia, Kabulkan Mimpi Anak-anak Penyintas Kanker Bersama Cleo
Cleo mengunjungi Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI) di Surabaya (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, Cleo memperingati Hari Kanker Anak Sedunia dengan cara berbeda dibandingkan sebelumnya. Merek air minum dalam kemasan (AMDK) ini, tidak hanya memberikan donasi, juga mewujudkan mimpi anak-anak pejuang kanker menjadi kenyataan.

Cleo mengunjungi Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia (YPKAI) di Surabaya. Yayasan ini menyediakan rumah singgah tanpa biaya bagi anak-anak penyintas kanker dan tumor (usia di bawah 14 tahun) yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam kunjungannya, Cleo memberikan bantuan santunan dari hasil penjualan produk Cleo Classic Edisi Spesial Peduli Kanker. Produk ini, dirilis sejak November 2022, merupakan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk berdonasi bersama Cleo dalam mendukung komunitas pejuang kanker.

Sebagian keuntungan dari Cleo Classic secara rutin didonasikan ke yayasan kanker nasional, seperti Yayasan Pita Kuning dan Lovepink Indonesia. Tidak hanya memberikan donasi, Cleo juga berkolaborasi bersama komunitas Kumpul Dongeng Surabaya untuk membacakan dongeng kepada anak-anak di yayasan.

Selain sebagai upaya untuk berkenalan lebih dekat dengan anak-anak yayasan, kolaborasi ini juga bagian dari tujuan komunitas untuk memperkenalkan kembali dongeng di kalangan anakanak.

Komisaris Utama PT Sariguna Primatirta, Hermanto Tanoko menyampaikan, dirinya memahi bagaimana rasanya ketika punya suatu mimpi, tapi mimpi itu belum tercapai, atau bahkan tidak bisa dicapai.

“Saya dulu pernah begitu dan saya yakin anak-anak di sini juga merasakan. Melihat anak-anak di sini, betapa besarnya semangat dan kegigihan mereka untuk terus belajar, bermain, meski dengan keadaan yang mereka jalani sekarang, saya jadi tergerak untuk memberikan mereka kesempatan untuk meraih mimpi mereka,” ujar Hermanto dalam keteranganya, Senin 26 Februari.

Founder dari brand Air Murni ini mengabulkan semua harapan anak-anak, mulai dari sepatu, sepeda, hingga kursi roda. Kunjungan ini merupakan upaya Cleo untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia tentang dukungan terhadap penyintas kanker, khususnya untuk anak-anak.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui Agensi Internasional untuk Riset Kanker (IARC) menunjukkan, terdapat 8.677 anak Indonesia berusia 0-14 tahun yang menderita kanker pada tahun 2020.

Jumlah tersebut dikatakan sebagai angka terbesar dibandingkan negara lain di Asia Tenggara dan diperkirakan dapat meningkat lebih tinggi jika tidak ada upaya pemeriksaan dini.

Dengan peningkatan kesadaran masyarakat atas isu ini orang tua dapat lebih sigap dan kesehatan keluarga di Indonesia dapat lebih terjaga.

Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Melisa Tanoko, mengatakan, sesuai dengan value utama Cleo, Cleo selalu berusaha untuk terus bisa memberikan pilihan sehat kepada keluarga Indonesia, khususnya anak-anak.

“Jadi, semua keluarga Indonesia bisa menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Untuk itu, kami mendesain produk-produk kami dengan banyak konsiderasi, termasuk mencegah bahaya kanker. Di sisi lain kami juga terus ingin mendukung para survivor untuk kembali sehat dan achieve mimpi mereka,” ujarnya.

Hal ini pun sejalan dengan dirilisnya Galon Cleo yang sejak 20 tahun lalu sudah diproduksi dengan kemasan yang bebas Bisphenol A (BPA). BPA adalah senyawa yang kerap ditemukan di galon berbahan polikarbonat yang dikabarkan berbahaya untuk kesehatan tubuh, tumbuh-kembang anak, dan dapat memicu kanker.

Ini adalah salah satu bentuk kepedulian berkelanjutan dari Cleo untuk keluarga Indonesia, agar setiap rumah bisa punya pilihan untuk memiliki gaya hidup sehat dengan cara paling mudah, yaitu dengan minum Air Murni yang sehat dan segar.

“Kegiatan hari ini adalah bagian dari komitmen #LangkahMurni yang dilakukan oleh Cleo. Hopefully, ke depannya kami bisa memberikan lebih banyak lagi program yang bisa memberikan impact lebih besar kepada para cancer survivor dan warrior,” lanjut Melisa Tanoko