Kerugian Negara di Korupsi KUR PT BRI Gerung Mataram NTB Capai Rp290 Juta
Kejari Mataram di NTB. (Antara)

Bagikan:

NTB - Kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi penyaluran dana kredit usaha rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Gerung, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai Rp290 juta lebih.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Mataram Harun Al Rasyid menjelaskan angka kerugian tersebut muncul dari hasil audit internal perbankan, yakni Satuan Pengawas Internal (SPI) BRI.

"Jadi, di sini (audit kerugian negara) kami tidak pakai BPKP," ujarnya di Mataram, NTB, Kamis 22 Februari, disitat Antara.

Sebelumnya, SPI menemukan ada tunggakan pembayaran dana KUR senilai Rp6 miliar pada tahun 2021 hingga 2022. Temuan itu berada di dua unit kerja wilayah Kebon Roek dan Gerung.

"Temuan SPI di Gerung Rp2 miliar, tetapi setelah kita tindak lanjuti, tunggakannya sisa Rp290 juta dan itu yang sekarang jadi angka kerugian," kata Harun.

Lebih lanjut, untuk temuan SPI perbankan pada unit kerja wilayah Gerung, Harun mengatakan bahwa penyidikan masih berjalan. Belum ada alat bukti kuat yang bisa menjadi dasar penetapan tersangka.

Dalam perkembangan penyidikan, pihaknya kini mengagendakan pemeriksaan ahli pidana untuk memperkuat alat bukti.

"Kalau tidak ada halangan, pekan depan pemeriksaan ahli," tandasnya.