TPA Sebayar Natuna Nyaris Diamuk Jago Merah Akhirnya 1 Jam Dijinakkan Petugas
Ilustrasi api kebakaran. (Unplash-Ricardo Gomez Angel)

Bagikan:

KEPRI - Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar di Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) berhasil dipadamkan.

"Proses pemadaman api memakan waktu kurang lebih satu jam," kata Kepala Disdamkar Kabupaten Natuna, Syawal, saat dihubungi, Rabu 21 Februari, disitat Antara.

Syawal bilang, kebakaran TPA Sebayar diperkirakan terjadi pada pukul 15.50 WIB. Saat petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi api sudah besar dan jika terlambat ditangani.

Si jago merah yang telah mengamuk saat itu, kata dia, bisa membakar seluruh sampah dan tumbuhan di TPA tersebut. Namun, dalam kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, pasalnya api bisa segera diatasi," ujar dia.

Ia menyebut pihaknya menurunkan satu unit mobil pemadam dengan tujuh personil. "Tidak ada kendala dalam proses pemadaman pasalnya lokasi api mudah dijangkau," katanya.

Sementara, penjaga TPS Sebayar Bujang mengaku tidak tahu pasti penyebab kebakaran tersebut.

Menurut dia, saat mengetahui ada api, dia sempat mencoba untuk memadamkan api, namun tidak bisa, oleh karena itu dirinya melaporkan ke atasannya.

"Untung tim pemadam segera datang, soalnya api besar dan kalau dibiarkan akan membakar semua sampah dan makin sulit dikendalikan," ucap dia.

Ia menjelaskan, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 15.50 WIB saat kondisi cuaca panas dan tiupan angin kencang sehingga api cepat membesar.