Perolehan Suara Partai Penuhi Target, Golkar Akui Berkat Endorsement Prabowo
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman, mengatakan perolehan suara partainya di Pemilu 2024 sudah memenuhi target. Maman mengakui, melonjaknya raihan suara Golkar dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) DPR 2024 berkat endorsement atau efek ekor jas dari mengusung calon presiden Prabowo Subianto.

Pasalnya, menurut Maman, Prabowo kerap mempromosikan caleg-caleg Partai Golkar kepada pemilih saat berkampanye di sejumlah daerah Indonesia. 

"Harus kita akui, ini (suara Golkar naik, red) juga berkat dari endorsement dari Pak Prabowo di beberapa titik," ujar Maman di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari. 

Maman mengungkapkan, jika dilihat dari hasil real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai Golkar berada di posisi kedua dengan memperoleh 15 persen. Hal itu, kata dia, sesuai dengan target partainya untuk memperoleh kursi di parlemen sebanyak 14-15 persen. 

"Kalau berdasarkan quick count, memang sudah dihitung, yaitu range-nya perolehan pencapaian Partai Golkar di angka 14-15 persen. Pertanyaannya, apakah ini sesuai dengan target? Sesuai. Karena memang target kita di 14-15 persen," ungkapnya. 

Diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, Partai Golkar tercatat sebagai partai dengan raihan suara tertinggi kedua dalam Pileg DPR RI, yakni 14,97 persen suara. Adapun saat Pemilu 2019, Golkar merupakan partai dengan raihan suara terbesar ketiga, yakni 12,31 persen suara.

Maman menjelaskan, dalam setiap kampanye Partai Golkar di beberapa daerah, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto selalu mempromosikan caleg-caleg yang diusung partai beringin. Caleg Golkar dari dapil Kalimantan Barat itu pun mengaku salut dengan sikap Prabowo tersebut. Mengingat Prabowo juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

"Beliau bisa menempatkan diri pada posisi di tengah. Ini terlihat dari sebaran distribusi peningkatan suara tidak hanya ada di Gerindra, tapi di semua partai koalisi (pendukung Prabowo-Gibran). Kita acungi jempol dan kita berterima kasih sekali kepada Pak Prabowo," jelas Maman.