Daftar Negara yang Beri Makan Siang Gratis Mirip Program Paslon Prabowo-Gibran
Ilustrasi makan siang (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Program makan siang gratis yang diusung oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran ternyata telah diterapkan oleh beberapa negara, tidak terkecuali Eropa. Target makan siang gratis tersebut diberikan untuk masyarakatnya, khususnya kepada anak sekolah. Artikel ini akan memberikan daftar negara yang beri makan siang gratis kepada rakyatnya.

Daftar Negara yang Beri Makan Siang Gratis

Saat ini ada beberapa negara yang memberikan fasilitas makan siang gratis kepada warganya. Bahkan di dalam daftar tersebut ada beberapa negara besar seperti Amerika Serikat. Berikut ini daftar negara dengan makan siang gratis terbaru.

1. Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat sempat memberikan makan siang gratis kepada warganya selama pandemi COVID-19. Program tersebut diberikan khususnya kepada siswa sekolah sesuai dengan kebutuhan gizi mereka. Untuk saat ini, meski pandemi sudah berakhir beberapa negara bagian tetap melanjutkan program tersebut seperti New York City, Vermont, Nevada, Colorado, California, dan Maine.

2. Swedia

Pemerintah Swedia juga memiliki program makan siang gratis khusus siswa sekolah dengan usia 7-16 tahun hingga 16-19 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan, peserta yang menerima program ini mampu meraih capain pendidikan lebih tinggi hingga memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

3. India

Siapa sangka, salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini menjalankan program makan siang gratis bahkan sejak tahun 1995. Program tersebut diperuntukkan bagi anak usia 6 sampai 14 tahun yang jumlahnya kurang lebih 125 juta anak.

Dalam program tersebut negara memberikan anak mendapat makanan hangat, memerangi kelaparan, serta meningkatkan angka pendaftaran dan kehadiran anak di sekolah. Program tersebut berhasil meningkatkan kesehatan gizi dan hasil pendidikan di sekolah.

4. Brazil

Negara Brazil juga menjalankan program makan siang gratis yang menyasar anak dari kalangan keluarga ekonomi rendah. Di tahun 2009, program tersebut berhasil menyasar kurang lebih 40 juta anak. Hasilnya, program tersebut mampu mengurangi tingkat obesitas, meningkatkan gizi dan pendidikan anak.

5. Swedia

Dikutip dari situs Bigissue, Pemerintah Swedia menyediakan makanan hangat gratis khusus pelajar dengan usia 16 sampai 19 tahun. Dalam sehari mereka menyediakan 1,3 juta porsi makanan. Hasilnya, siswa lebih sehat dan mampi meningkatkan pendapatan mereka saat dewasa. Menurut penelitian Lund University di Swedia yang diterbitkan di The Review of Economic Studies, jumlah pendapatan yang diterima terbukti meningkat yakni sebesar 3 persen.

6. Finlandia

Pemerintah pertama kali mencanangkan program makan gratis pada tahun 1943 selama Perang Dunia II di Finlandia. Skema tersebut masih terus bejalan selama delapan dekade kemudian dengan menu yang terus diperbaiki. Program tersebut dikhususnya bagi anak usia enam hingga 16 tahun.

7. Rwanda, Afrika

Rwanda juga menyediakan makanan gratis di sekolah untuk anak-anak tingkat pendidikan sekolah dasar hingga menengah. Program tersebut dicanangkan demi meningkatkan kesadaran pentingnya anak-anak mendapat makanan yang bergizi.

Itulah daftar negara yang beri makan siang gratis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.