Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, blusukan ke Kelurahan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember, siang. Blusukan ini merupakan rangkaian kampanyenya du Jakarta setelah mengunjungi Rusun Cilincing pagi tadi.

Mulanya, Gibran menanyakan kepada warga apakah sudah mengetahui program makan siang dan susu gratis yang diusung oleh pasangan calon (paslon) Prabowo-Gibran. Warga mengaku belum tahu.

"Bapak Ibu udah pernah dengar program makan siang gratis gak untuk anak-anak? Ini khusus anak-anak sekolah," tanya Gibran kepada warga Cempaka Putih Barat.

Gibran lantas menjelaskan, program tersebut adalah pemberian makan siang dan susu gratis bagi anak-anak di sekolah. Tujuannya untuk menurunkan angka stunting.

"Biar anak-anaknya makin sehat, nggak ada yang stunting. Kalau sehat, otomatis anak-anaknya juga pintar. Bisa lebih meresap apa yang disampaikan guru-gurunya. Setuju semua ya ibu-ibu ya?" tanya Gibran lagi.

"Setuju," kata ibu-ibu yang hadir.

Gibran menyampaikan, program makan siang gratis tersebut sudah dilakukan di banyak negara dan terbukti memberikan dampak yang sangat signifikan. Sebab, kata dia, program makan siang dan susu gratis sejalan dengan upaya mencapai Indonesia Emas 2045.

"Jadi, makan siang gratis itu sudah ada di 76 negara dan efeknya luar biasa sekali. Karena kita nanti mau menuju Indonesia Emas 2045, otomatis harus menyiapkan generasi emasnya, ya adik-adik ini, yang kecil-kecil ini lho. Ya, setuju semua ya ibu-ibu ya, makan siang gratis di sekolah, sama susunya juga," katanya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu memastikan program-program yang sudah ada di pemerintahan saat ini tetap dilanjutkan. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan lain-lain.

"Program-program kredit juga yang sekarang banyak dinikmati ibu-ibu rumah tangga, kredit PNM Mekaar, KUR (kredit usaha rakyat), dilanjutkan semua," ucapnya.

Gibran pun meminta para ibu-ibu rumah tangga tenang. Sebab, ia bersama Prabowo berjanji akan menyiapkan semua keperluan emak-emak.

"Ibu-ibu ya tenang aja, tenang aja pokoknya kita siapin semua untuk ibu-ibu rumah tangga," kata Gibran.