Satu dari Tiga Unit BMW M1 dengan Warna Langka Ini Dilelang, Diprediksi Laku Hampir Rp15 Miliar
BMW M1 dengan warna perak yang langka. (Dok. RM Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - BMW M1 merupakan salah satu ikon supercar yang pernah dihasilkan oleh merek asal Bavaria ini. Meskipun hanya diproduksi selama tiga tahun (dari tahun 1978 hingga 1981), unitnya kini menjadi incaran para kolektor otomotif di seluruh dunia.

Salah satu unit M1 akan segera masuk ke pasar lelang bulan depan di RM Sotheby's. Yang menarik dari unit ini adalah mobil tersebut dilapisi dengan cat perak, sebuah warna yang langka. Diketahui bahwa hanya ada tiga unit dengan warna tersebut yang diproduksi selama masa produksi.

Dilansir dari situs lelang ini, Rabu, 21 Februari, satu unit tersebut diproduksi pada tanggal 23 Februari 1981 dan dikirimkan ke jaringan dealer resmi di Bois d’Arcy, Prancis, pada 27 Maret 1981.

6

Setelah itu, BMW M1 tersebut diekspor ke Jepang pada tahun 1983 dan didaftarkan di Osaka. Mobil ini tinggal di negara matahari terbit selama lebih dari 20 tahun sebelum dijual dan diekspor ke Belgia pada tahun 2006.

Kemudian, mobil ini menjalani servis di BMW Delbeq, Seraing, Belgia, dan odometer-nya dikembalikan ke angka nol. Singkat cerita, pada tahun 2016, mobil ini diekspor ke AS. Mobil ini telah mendapatkan sertifikasi dari BMW Classic dan telah dirawat dengan sangat baik.

Tidak hanya bagian cat dan eksteriornya yang terjaga, tetapi juga bagian plastik hitam aslinya tetap terjaga. Mobil ini dilaporkan telah menempuh jarak sekitar 17.200 km.

Selain itu, mesin mobil ini juga tetap dalam kondisi aslinya. Dilengkapi dengan mesin bensin 6-silinder 3,5 liter yang terletak di bagian belakang, supercar pada masanya ini mampu menghasilkan tenaga hingga 273 dk dan torsi 330 Nm, dengan bantuan transmisi manual lima percepatan dan penggerak roda belakang.

Mobil ini akan dilelang oleh RM Sotheby's pada tanggal 1-2 Maret 2024 di Miami. Diperkirakan bahwa BMW M1 akan terjual dengan kisaran harga antara 750.000 hingga 950.000 dolar AS (setara dengan Rp11,7 miliar hingga Rp14,8 miliar).