Bagikan:

JAKARTA - BMW secara resmi melepas satu unit langka dari mobil 3.0 CSL. Penyerahan pada pelanggan pertama ini berlangsung dengan megah di tempat pameran BMW, BMW Welt, yang terletak di Munich, Jerman.

Unit mobil yang diserahkan merupakan salah satu dari hanya 50 unit 3.0 CSL yang tersedia di seluruh dunia. Keistimewaan mobil ini tidak hanya terletak pada jumlahnya yang sangat terbatas, tetapi juga pada waktu produksinya yang cukup panjang.

Mobil ini memiliki tampilan yang memukau dengan livery dasar Alpine White, dipoles dengan sentuhan warna biru dan merah yang menjadi ciri khas divisi performa tinggi BMW, M. Produksi mobil ini sendiri dilakukan di pabrik BMW, Dingolfing, Jerman, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 BMW M pada tahun sebelumnya. Dan setiap unit memerlukan waktu tiga bulan untuk dirampungkan dengan penuh kesempurnaan.

2
BMW 3.0 CSL diserahkan kepada pelanggan di BMW Welt, Munich, Jerman. (Dok. BMW Museum)

Namun, keistimewaan 3.0 CSL tidak hanya terletak pada desainnya yang menawan dan waktu produksinya yang lama. BMW juga mengklaim bahwa mobil ini memiliki mesin 6-silinder segaris paling bertenaga yang pernah ada. Ditenagai oleh mesin turbocharged 3,0 liter, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 552 dk dan torsi 550 Nm. Kombinasi antara penggerak roda belakang dan transmisi enam percepatan manual memberikan kinerja yang mengesankan.

Keunikan mobil ini juga tercermin pada harganya. BMW menjual 3.0 CSL dengan harga mencapai 780.000 dolar AS atau sekitar Rp11,6 miliar. Jumlah ini lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan harga model dasar 3.0 CSL, M4 CSL, yang dibanderol sekitar 140.895 dolar AS atau sekitar Rp2,1 miliar.

Dengan semua keistimewaannya, tak heran jika 3.0 CSL menjadi rebutan para kolektor mobil langka dan pecinta BMW di seluruh dunia.