Perolehan Suara Caleg Artis Dapil Jatim Per 20 Februari, Ada Ahmad Dhani hingga Chef Arnold
Ahmad Dhani (Instagram @ahmaddhaniofficial)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah artis kondang mulai dari seleb, komedian, hingga musisi maju sebagai caleg dalam Pemilu 2024. Salah satu hasil Pemilu yang menarik untuk dilihat adalah perolehan sementara caleg artis Dapil Jawa Timur (Jatim). 

Daerah Pemilihan Jawa Timur menjadi wilayah yang diincar oleh sederet artis untuk memenangkan Pileg 2024. Ada beberapa sebaran dapil di Jatim yang diperebutkan oleh sejumlah artis untuk bisa maju sebagai anggota legislatif DPR RI. 

Berdasarkan real count KPU, data hitungan suara di sebaran Dapil Jatim sudah banyak yang mencapai di atas 50% per Selasa (20/2). Lantas siapa saja caleg artis Dapil Jawa Timur yang mendapatkan suara terbanyak?

Perolehan Suara Caleg Artis Dapil Jawa Timur

Beberapa nama artis besar berkompetisi memperebutkan suara di Dapil Jatim dengan partai pengusungnya masing-masing. Data real count KPU memperlihatkan ada sejumlah publik figur yang berpeluang besar lolos ke Senayan. Ada sosok musisi kenamaan Ahmad Dani dari Partai Gerindra, Krisdayanti dari PDIP, hingga Chef Arnold dari Perindo. 

Berikut ini daftar caleg artis Dapil Jatim dan perolehan suara sementara:

Dapil Jawa Timur I

Perolehan suara sementara di Dapil Jatim I per Selasa (20/2) sudah masuk 57.8%. Di daerah pilih yang mencakup wilayah Surabaya-Sidoarjo, beberapa artis bersaing untuk mendulang suara terbanyak sebagai caleg. 

Ahmad Dhani dari Gerindra, dengan nama Dhani Ahmad Prasetyo, berhasil memperoleh suara sementara sebanyak 42.647. Di partai berlogo garuda ini, ayah dari Al, El, Dul, ini untuk saat ini hanya kalah dari Bambang Haryo Soekartono (BHS).

Publik figur lainnya yang ikut berkompetisi di Dapil Jatim 1 ada Arzeti Bilbina Setyawan dari PKB. Untuk sementara Arzeti meraih suara 27.971 dan masih tertinggal dari caleg satu partainya yaitu Syaikhul Islam. 

Dari partai PDIP ada nama Andre Hehanussa yang baru meraup suara 5.693. Andre masih tertinggal jauh dari caleg PDIP lainnya seperti Puti Guntur, Bambang DH, dan Indah Kurnia. 

Nama baru muncul dari kalangan influencer yaitu Chef Arnold yang turut nyaleg di Dapil Jatim 1. Dalam perolehan sementara koki kenamaan ini baru meraih 2.543 dan masih tertinggal jauh dari caleg Perindo lain yaitu Angela Tanoesoedibjo. 

Dapil Jawa Timur III

Dapil Jatim II mencakup wilayah Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Di daerah pemilihan yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sudah mendapat suara masuk sementara 74.47%. Ada nama artis Lucky Perdana dari partai PDIP yang meraih 19.080 suara. Di jajaran internal caleg PDIP, perolehan suaranya berada di peringkat ke-4.

Dari Partai Demokrat ada artis Dina Lorenza Audria yang meraih suara 33.636. Artis kondang tahun 90-an ini berhasil menempati urutan tertinggi perolehan suara di internal partainya. Muncul juga nama artis Emilia Contessa dari Perindo yang mendulang suara sementara 1.511 dan menempati urutan kedua di internal partainya. 

Dapil Jawa Timur V

Dapil Jatim V yang meliputi Kabupaten-Kota Malang dan Kota Batu sudah tercatat data perolehan suara 66.64%. Ada artis Krisdayanti caleg PDIP yang memperoleh suara 38.918 untuk sementara. Di internal partai banteng, suaranya masih tertinggal dari Ahmad Basarah dan Andreas Eddy Susetyo. 

Artis lawas Ratieh Sanggarwaty juga maju sebagai caleg Dapil Jatim V dari partai Gelora. Untuk perhitungan sementara hingga saat ini, Ratieh Sanggarwaty mendapat sebanyak 2.151 dan mencapai yang tertinggi di antara caleg lain dari partainya. 

Dapil Jawa Timur VI

Sudah tercatat sebanyak 83.80 data suara masuk dari Dapil Jatim VI yang mencakup wilayah Tulungagung, Kediri, dan Blitar. Ada nama penyanyi Pulung Agustanto yang meraih suara 133.654 dan menjadi yang tertinggi di antara caleg PDIP lainnya. Nama Venna Melinda dari partai Perindo untuk sementara memperoleh suara 10.989. 

Dapil Jawa Timur VIII

Sebanyak 85.71% data suara yang masuk dari Dapil Jatim VII yang mencakup wilayah Mojokerto, Jombang, Madiun, dan Nganjuk. Ada nama caleg artis dari PDIP Banyu Biru Djarot yang meraih 41.281 suara. Namun perolehan suaranya masih tertinggal dari caleg satu partainya yaitu Sadarestuwati dengan 79.253 suara. 

Demikianlah informasi perolehan sementara caleg artis Dapil Jatim per Selasa (20/2). Beberapa artis kenamaan berhasil mendulang suara cukup tinggi di dapilnya masing-masing untuk memperebutkan kursi legislatif di Senayan. Lihat juga video rangkuman 10 caleg artis yang diprediksi lolos ke Senayan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.