Astrid Kuya Hingga Bebizie, Ini 4 Caleg Pesohor yang Lolos DPRD DKI 2024
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan hasil perolehan suara pemilu DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029. Hal ini tertuang dalam Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2024.

KPU belum mengumumkan hasil penetapan Pemilu 2024 baik pilpres, pileg DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, maupun DPD. Berdasarkan jadwal, penetapan hasil pemilu diumumkan paling lambat pada 20 Maret mendatang.

Namun, bila mencari tahu siapa saja yang lolos Pileh DPRD DKI Jakarta menggunakan perhitungan saint lague yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, terdapat 106 caleg yang lolos dari 11 partai politik.

Dari caleg yang lolos, empat di antaranya merupakan pesohor, mulai dari artis, penyanyi, hingga keluarganya. Keempat caleg tersebut berasal dari PDIP dan PAN.

Pertama adalah Agustina Hermanto alias Tina Toon. Tina Toon dulunya penyanyi cilik yang sudah menduduki kursi DPRD DKI Jakarta alias petahana pada periode 2019-2024.

Dalam Pileg DPRD DKI 2024, Tina Toon memperoleh 36.123 suara dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 2 yang mencakup Kecamatan Koja, Cilincing, Kelapa Gading, dan Kepulauan Seribu.

Kedua, Chica Koeswoyo yang merupakan mantan artis dan penyanyi cilik berhasil lolos dengan memperoleh 15.578 suara. Chica adalah caleg dari PDIP di dapil DKI Jakarta 7 yang meliputi Kecamatan Setiabudi, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, dan Pesanggrahan.

Ketiga adalah Astrid Kuya yang merupakan istri dari artis Uya Kuya. Astrid yang merupakan caleg PAN memperoleh 12.305 suara pada dapil DKI Jakarta 7 meliputi Kecamatan Setiabudi, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, dan Pesanggrahan.

Keempat yakni penyanyi dangdut Bebizie Sri Mulyati, caleg PAN yang mendapatkan 15.521 suara dari dapil Jakarta 3 yang mencakup Penjaringan, Tanjung Priok, dan Pademangan.

Sementara, terdapat juga sejumlah caleg pesohor yang diprediksi tak lolos Pileg DPRD DKI Jakarta, yakni Haji Faisal yang merupakan ayah dari artis Fujianti Dwi Putri, Adelia istri Pasha Ungu, dan komedian Opie Kumis. Ketiganya merupakan caleg PAN.