Presiden Xi Jinping Klaim Kemenangan China dalam Pemberantasan Kemiskinan
Presiden China Xi Jinping. (Wikimedia Commons/Palácio do Planalto)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mengumumkan 'kemenangan' pemerintahannya untuk memberantas kemiskinan pedesaan, mengangkat pendapatan hampir 100 juta orang selama delapan tahun terakhir. 

Hal ini disampaikan Presiden Xi dalam sebuah upacara di Beijing pada Hari Kamis, waktu setempat, yang digambarkan sebagai salah satu tonggak capaian dalam masa jabatannya. 

Pemerintah Xi Jinping juga mencoba membingkai pencapaian ekonomi sebagai hadiah Xi kepada China, jelang perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis yang berkuasa pada Juli mendatang. 

Selama delapan tahun terakhir, diperkirakan 98,99 juta orang di pedesaan telah terangkat dari kemiskinan ekstrim, melansir Al Jazeera Selain itu, sebanyak 832 kabupaten miskin dan 128 ribu desa di China juga sudah dihapus dari daftar kemiskinan. 

Sejak peluncuran reformasi dan keterbukaan pada akhir 1970-an, 770 juta penduduk pedesaan yang miskin, telah mengatasi privasinya berdasarkan garis kemiskinan China saat ini.

Beijing mendefinisikan kemiskinan sebagai tingkat pendapatan pada atau di bawah garis kemiskinan pedesaan sebesar 4.000 yuan (619 dolar AS) atau kurang per tahun. Angka ini naik dari 2.625 yuan ( 406 dolar AS) pada tahun 2012, berdasarkan Xinhua.  

China juga mengatakan telah menyumbang lebih dari 70 persen pengentasan kemiskinan global selama periode yang sama. Sebagai perbandingan, garis kemiskinan Bank Dunia dipatok pada  693,5 dolar AS.

"Saya bertekad untuk melihat kemiskinan sesungguhnya, memahami upaya nyata mengatasinya, membantu mereak yang berada dalam kemiskinan, untuk mencapai pengentasan kemiskinan yang nyata," kata Xi Jinping melansir Bloomberg.

Dalam pernyataan kebijakan pada Hari Minggu, China berjanji untuk tetap berpegang pada kebijakan pengentasan kemiskinannya, sambil membuat beberapa penyesuaian untuk transisi lima tahun menuju apa yang disebut Beijing sebagai revitalisasi pedesaan.