Bagikan:

BANYUWANGI - Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengawasi pelanggaran yang terjadi selama tahapan Pilpres 2024. Mereka harus mengungkap jika terjadi kecurangan dari kubu manapun.

"Iya, supaya Bawaslu mengawasi betul dan mengungkap pelanggaran-pelanggaran yang selama ini terjadi," kata Mahfud kepada wartawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, 8 Februari.

Mahfud dalam kesempatan itu juga sempat menyinggung video viral beberapa orang menyoblos pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Malaysia. Katanya, Bawaslu harus bisa mengungkap hal tersebut.

Sebab, bukan tak mungkin ada pihak lain yang membuat seolah-olah kubunya melakukan kecurangan. “Padahal itu bisa saja operasi dari pihak lain nyuruh orang nyoblos gitu lalu diumumkan ini pencoblosan yang melanggar aturan,” tegas eks Menko Polhukam tersebut.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga punya tugas untuk mengusut dugaan pencoblosan yang terjadi. “Dan mengumumkan apa yang sebenernya terjadi di Malaysia," pungkas Mahfud.