Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan tercatat sudah ada 500.000 orang yang bakal hadir di acara kampanye akbar calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subainto-Gibran Rakabuming Raka.

Adapun kampanya akbar Prabowo-Gibran ini akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Nusron bilang tidak menutup kemungkinan jumlah massa yang datang melebihin jumlah tersebut. Pasal acara tersebut merupakan kegiatan umum sehingga tidak bisa menghalangi orang untuk datang.

“Estimasi orang yang datang yang sudah daftar pada hari ini sudah lebih dari setengah juta orang. Tapi namanya ini kegiatan untuk umum kita tidak bisa menghalangi kita tidak bisa mencegah orang-orang yang ingin datang, tapi kita anjurkan tetap suasananya tertib,” katanya di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis, 7 Februari.

Nusron juga mengimbau para pendukung, relawan dan masyarakat yang akan hadir ke GBK agar tidak membawa anak-anak sesuai dengan aturan yang tertuang di dalam Undang-Undang (UU) Pemilu.

“Kami menyarankan kepada semua yang hadir kita tertib aturan terutama UU Pemilu. Karena ini adalah paket kegiatan kampanye, bukan konser, bukan pesta biasa, tapi ini ada unsur kampanyenya sesuai UU Pemilu bahwa kampanye tidak boleh menyertakan anak-anak,” kata Nusron.

Lebih lanjut, Nusron menjelaskan kampanye akbar Prabowo-Gibran yang akan digelar ini bertajuk ‘Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju’ dan akan dihadiri puluhan artis dan influencer Tanah Air. Serta musisi ternama Indonesia seperti Ahmad Dhani hingga Ari Lasso.

“Kegiatan pesta rakyat itu sendiri rencananya laksanakan mulai jam 14.00 sampai 18.00 WIB, tapi gate atau pintu Senayan tribunnya sudah mulai dibuka mulai pukul 12.30 WIB, sudah mulai dibuka manakala kalau ada orang yang sudah datang pada saat itu,” tuturnya.

Nusron menekankan bahwa kampanye akbar ini merupakan pesta rakyat sehingga tidak memakai tiket masuk. Artinya semua masyarakat bisa datang.

“Kegiatan ini atau pesta rakyat untuk Indonesia maju ini dilaksanakan untuk umum, tidak memakai tiket untuk masuk. Semua masyarakat pun bisa masuk, namanya juga pesta rakyat untuk Indonesia maju,” ucapnya.

Gibran Bakal Pimpin Aksi Kebersihan

Nusron mengatakan Cawapres Gibran Rakabuming Raka akan memimpin artis dan influencer untuk aksi kebersihan setelah acara kampanye akbar rampung. 

“Mohon maaf kalau ada kotoran-kotoran yang tersisa akibat acara itu. Kami berkomitmen akan membangun sukarelawan sebanyak-banyaknya untuk melakukan aksi-aksi sosial rencana nanti dipimpin langsung oleh Mas Gibran. Aksi kebersihan itu bersama artis-artis yang ikut ada Raffi Ahmad dan relawan yang lain bersama-sama melakukan aksi kebersihan,” katanya.

Gibran Rakabuming Raka dan perwakilan mahasiswa memperlihatkan pakta integritas usai ditandatangani di Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). (Antara/Aris Wasita)

Dalam kesempatan itu, Nusron menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang merayakan Imlek. Dalam acara nanti, TKN juga akan menampilkan barongsai sebagai bentuk penghargaan bagi warga Tionghoa. 

“Tentunya pasti akan mengganggu lalu lintas dan hilir mudik, terutama bagi warga Jakarta dan terutama warga Tionghoa yang pada saat itu sedang merayakan perayaan Tahun Baru Imlek,” ucapnya.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, kami mengadakan pesta rakyat untuk Indonesia maju itu dalam rangka untuk menyampaikan gagasan-gagasan karena nanti pelaksanaannya bertepatan dengan Tahun Baru Imlek maka nanti ornamen beberapa acara pun akan di-setting ada suasana Imlek di dalam acara tersebut,” sambungnya.