Ini Pendapat Sandiaga Uno Soal Pengunduran Diri Ahok dari Komut Pertamina
Sandiaga Uno berpendapat pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina adalah sebuah bentuk keteladanan. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional PPP, Sandiaga Uno menyambut baik atas pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Komisaris Utama PT Pertamina dan bergabung ke Tim Pemenangan Nasional Ganjar - Mahfud MD di Pilpres 2024. Menurutnya, mundurnya Ahok menunjukkan bahwa dia menjunjung tinggi sumpah jabatan.

"Aspek untuk menjunjung tinggi sumpah jabatan itu dia pegang. Akhirnya dia mengundurkan diri (sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina). Saya mengapresiasi dan menghormati keputusan itu. Selamat bergabung dengan tim pemenangan Ganjar-Mahfud," kata Sandiaga Uno, Minggu, 4 Februari.

Sandiaga menyebut, Ahok merupakan sosok yang inspiratif bagi masyarakat Jakarta. Ahok sendiri pernah menjadi Gubernur DKI menggantikan Joko Widodo yang ketika itu maju sebagai Capres pada 2014.

"Menurut saya Pak Ahok ini adalah sososk inspiratif bagi masyarakat jakarta. Pernah memimpin disini. Saya lihat beliau memperlihatkan keteladanan. Dalam berdemokrasi beliau mendukung (Ganjar-Mahfud), sekarang secara terang-terangan, dia tidak ingin ada benturan konflik kepentingan," kata Sandiaga yang kinj masih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut.

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok mundur dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Ahok memilih meninggalkan jabatan tersebut demi fokus memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Pilpres 2024.

Ahok mengaku telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Kementerian BUMN. Adapun surat ini ditandatangani Ahok pada Jumat, 2 Februari 2024.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok di akun Instagram resmisnya @basukibtp, dikutip Jumat, 2 Februari 2024.