Pemimpon Oposisi di India Diringkus karena Dituding Beli Sebidang Tanah Lewat Hasil Kejahatan
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Badan kejahatan keuangan India telah menangkap seorang pemimpin oposisi terkemuka, Hemant Soren beberapa jam setelah dia mengundurkan diri dari jabatan ketua menteri negara bagian Jharkhand.

Hemant Soren berasal dari partai Jharkhand Mukti Morcha (JMM). Ia telah dituduh melakukan korupsi. 

Dsilansir dari BBC, Kamis, 1 Februari, Soren ditangkap oleh Direktorat Penegakan (ED) pada Rabu malam setelah diinterogasi selama tujuh jam. Partainya telah menunjuk menteri perhubungan Champai Soren sebagai ketua menteri negara bagian timur berikutnya.

Soren telah menentang penangkapannya di Mahkamah Agung India dan menyebutnya bermotif politik. Kasus ini akan disidangkan pada Jumat pekan ini.

Dia adalah yang terbaru dalam daftar panjang pemimpin oposisi yang menghadapi penyelidikan tingkat tinggi yang dipimpin oleh badan-badan pusat India. Kasus terhadap Soren berkaitan dengan sebidang tanah yang diduga dimilikinya di kota Ranchi, ibu kota Jharkhand.

ED mengklaim dia membeli properti itu melalui "hasil kejahatan" dengan menjual tanah milik angkatan darat India secara ilegal. Soren membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa properti itu "diduga dimiliki secara salah " olehnya.

Pejabat ED dilaporkan mengirimkan beberapa panggilan ke Soren tetapi dia menolak datang untuk diinterogasi.

Pada hari Senin, para pejabat mencapai kediaman Soren di ibu kota Delhi tetapi menemukan dia "hilang". Badan tersebut mengatakan menyita 3,6 juta rupee (Rp683 Juta lebih serta sebuah mobil dari rumah tersebut. Sehari kemudian, Soren muncul di Ranchi dan mengatakan dia akan mencatat pernyataannya di hadapan agensi pada hari Rabu.

Jam malam diberlakukan dalam radius 100 meter dari kediaman ketua menteri dan kantor ED di Ranchi pada Rabu malam. Beberapa jam kemudian, Soren mengajukan pengunduran dirinya, setelah itu Champai Soren yang setia diumumkan sebagai ketua menteri berikutnya. Hemant Soren ditangkap pada larut malam.

JMM menyebut penyelidikan terhadap Soren sebagai "perburuan penyihir" bermotivasi politik.

Partai tersebut menuduh pemerintah federal, yang dipimpin oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) Perdana Menteri Narendra Modi, menggunakan badan-badan pusat untuk menargetkan para pemimpin oposisi menjelang pemilihan umum. BJP, sementara itu, membantah tuduhan campur tangan politik.

Partai Kongres oposisi utama India juga mengutuk penangkapan Soren, menyebutnya sebagai "pukulan terhadap federalisme". JMM adalah bagian dari INDIA, koalisi partai-partai oposisi yang dipimpin Kongres yang berusaha untuk menghadapi Aliansi Demokratik Nasional pimpinan BJP yang berkuasa dalam pemilihan.

"BJP, yang mendalami korupsi, menjalankan kampanye untuk menghancurkan demokrasi," tulis pemimpin Kongres Rahul Gandhi di X (sebelumnya Twitter).

Beberapa ketua menteri dan pemimpin oposisi lainnya menghadapi tuduhan korupsi.

Pada bulan November, ED telah memanggil Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal sehubungan dengan kasus yang terkait dengan kebijakan minuman keras yang sekarang dibatalkan di negara bagian tersebut. Pemimpin partainya Manish Sisodia dan Sanjay Singh telah ditangkap dalam kasus tersebut.

ED juga menyelidiki tuduhan pencucian uang terhadap para menteri utama di tiga negara bagian selatan-Telangana, Kerala, dan Andhra Pradesh. Semua pemimpin telah membantah tuduhan terhadap mereka.