Lapas di Tarakan <i>Overload</i>, Gubernur Kaltara Rencakanan Bangun Baru di Bulungan
Ilustrasi lapas atau penjara. (Unsplash-Hedi Benyounes)

Bagikan:

KALTARA - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang akan merealisasikan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tanjung Selor, Bulungan.

“Kami sudah komunikasi dengan Dirjen Lapas untuk bisa lagi membangun lapas di Tanjung Selor,” kata Zainal di Tarakan, Minggu 28 Januari, disitat Antara.

Dia mengatakanl, saat ini kondisi lapas di Tarakan dan Nunukan sudah mengalami kelebihan kapasitas yang sangat luar biasa, dimana setiap kamar yang kecil ditempati 11 orang.

Dengan kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Kaltara telah melakukan komunikasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) serta kementerian terkait.

Gubernur mengungkapkan kunjungan beberapa bulan lalu untuk melihat perkembangan lapas yang ada di Kaltara.

Oleh karena itu ia mengusulkan percepatan pendirian lapas di Tanjung Selor untuk mengurangi penuhnya warga binaan yang ada di dia lapas tersebut.

Saat ini Lapas Kelas IIA Tarakan sudah mengalami overload atau kapasitas berlebihan yakni lebih 1.400 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kita sudah komunikasikan juga ke PUPR mudahan cepat direalisasikan pembangunan lapasnya, pendirian lapas baru untuk mengurangi kelebihan kapasitas di kedua lapas ini,” katanya.