Gubernur Kaltara: Pembangunan Kota Mandiri Tanjung Selor Dimulai Tahun Ini
Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat meninjau lokasi pembangunan KBM di Tanjung Selor, Bulungan. ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Bagikan:

TARAKAN - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) di Tanjung Selor dimulai tahun ini.

"Pada tahun ini Pemprov Kaltara  menggelontorkan anggaran sebesar Rp40 miliar sebagai tahap pertama pembangunan KBM," kata Zainal saat meninjau lokasi pembangunan KBM di Tanjung Selor, Bulungan dilansir ANTARA, Kamis, 27 Januari.

Dalam tinjauan itu, Zainal ingin memastikan pembangunan KBM nantinya sudah disiapkan dengan matang.

Gubernur mengatakan dalam proyeksinya, nantinya KBM ini akan dibangun sejumlah fasilitas Daerah agar dapat menunjang pembangunan di area sekitar KBM.

“Kalau dari perencanaan tata ruangnya, nantinya kita akan membuka Sport Center, Kantor Kejaksaan, Balai Adat dan Keagamaan serta rumah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara,” katanya.

Tahap pertama akan bangun rumah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur dan sekitarnya.

"Kenapa harus tahun ini, karena ini akan menjadi bentuk semangat kita untuk bangkit pasca pandemi Covid-19,” kata Zainal.

Pemerintah Provinsi Kaltara sudah menerima sertifikat tanah Kawasan Pusat Pemerintahan KBM Tanjung Selor dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulungan. Adanya sertifikat ini membuktikan bahwa secara legal yuridis proses pengadaan tanah telah selesai.

Sertifikat yang diterima, ialah hasil pengadaan tanah kawasan KBM tahap dua tahun 2018 yang terbagi menjadi tiga bidang tanah sehingga terbit tiga sertifikat tanah.

Pembangunan KBM Tanjung Selor tertuang pada Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 9 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor.