Atikoh Ungkap Jurus Ganjar-Mahfud Urusi UMKM: Pemetaan hingga Pendampingan Bakal Dilakukan
Istri Calon presiden RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, (Ist)

Bagikan:

MALANG - Istri capres Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mengatakan ada sejumlah jurus yang bakal dilakukan pasangan calon nomor urut tiga untuk mengurusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Di antaranya adalah melakukan pemetaan untuk mengetahui potensi dan kebutuhan mereka.

Hal ini disampaikan usai menikmati suasana di Alun-alun Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada hari ini, Sabtu malam, 27 Januari. Dia di sana sempat berbincang dengan para pedagang dan mencoba beberapa makanan ringan.

“Kita akan memetakan (UMKM, red) yang ada di seluruh Indonesia. Tentu treatment berbeda antara masing-masing wilayah, masing-masing provinsi,” kata Atikoh kepada wartawan di lokasi.

Atikoh kemudian mencontohkan Kota Batu dan Malang Raya yang punya berbagai potensi untuk memajukan UMKM. Apalagi, sektor pariwisatanya juga mendukung.

Sehingga, hal semacam ini yang nantinya akan menjadi perhatian Ganjar-Mahfud. “Jadi tentu UMKM yang berkaitan dengan sektor ekonomi kreatif itu harus kita support,” tegasnya.

Kemudian, pendampingan untuk menghadapi berbagai tantangan bakal diberikan kepada UMKM. Apalagi, jika berkaitan dengan kegiatan ekspor mengingat potensinya yang luar biasa.

“Karena terkadang buyer itu agak ragu-ragu mau impor barang-barang kita,” ujar Atikoh.

Pendampingan ini, sambung Atikoh, juga nantinya akan berkaitan dengan perizinan. “Ya, selama ini tentu sudah banyak sekali (pendampingan, red) sama pemerintah daerah juga,” ungkapnya.

“Tetapi perlu juga diimprove terkait hal-hal seperti itu sehingga benar-benar ada sinergitas mulai dari kabupaten kota provinsi maupun pusat,” sambung Atikoh.

Adapun dari pantauan di lokasi, Atikoh menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit di Alun-alun Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Ia didampingi Anggota DPR RI yang kembali maju menjadi caleg PDIP Krisdayanti hingga eks Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Di sana, ia menikmati sejumlah jajanan seperti ketan hingga jahe panas. Tak hanya itu, Atikoh sempat melihat seniman lansia yang berjoget ketika duduk di salah satu warung