UKW PWI Bersama BUMN, 31 Wartawan Bengkulu Dinyatakan Kompeten
Peserta UKW PWI Bersama BUMN foto bersama dengan penguji. (IST)

Bagikan:

BENGKULU – Setelah melewati serangkaian ujian teori dan praktik, 31 wartawan dinyatakan kompeten pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI bersama Kementerian BUMN di Hotel Mercure Bengkulu. Kegiatan yang berlangsung pada 25-26 Januari 2024, tidak hanya menghadirkan ujian sertifikasi, tetapi juga menampilkan kompetisi jurnalistik dengan total hadiah mencapai Rp50 juta. Pengumuman pemenang kompetisi dijadwalkan pada Juli 2024.

Sebanyak 32 peserta dari berbagai tingkatan, termasuk lima orang kelas utama, 23 kelas muda, dan lima kelas madya, berhasil menyelesaikan ujian sertifikasi wartawan anggota PWI. Pada penutupan acara, dari total peserta, 31 orang diumumkan lulus sebagai wartawan berkompeten, sementara satu peserta masih memerlukan peningkatan kompetensi. Kegiatan UKW dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Utama (5 orang), Madya (5 orang), dan Muda (22 orang).

Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas wartawan, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, seperti yang disampaikan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Murlin Hanizar, SP., MSi, menyampaikan apresiasi terhadap UKW. Rohidin berharap PWI Provinsi Bengkulu tetap menjadi mitra pemerintah daerah dalam menciptakan wartawan yang berkualitas dan mampu menyajikan berita yang akurat, berimbang, dan membangun.

Peserta UKW PWI bersama BUMN di Bengkulu sedang menjalani ujian. (IST)
Peserta UKW PWI bersama BUMN di Bengkulu sedang menjalani ujian. (IST)

Branch Bisnis Manager BNI Bengkulu, Mulyadi Majid, SE, menyoroti pentingnya budaya AKHLAK BUMN yang diharapkan diimplementasikan oleh wartawan. Menurutnya, kegiatan UKW menjadi langkah positif dalam meningkatkan profesionalisme wartawan, yang diharapkan dapat menghasilkan berita yang berimbang.

Muhammad Riadh, Kepala Staf Operasional Pelayaran dari PT ASDP, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan UKW. Dalam pandangannya, UKW dapat menghasilkan wartawan yang kompeten dan mampu menyajikan berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Selain ujian sertifikasi, acara ini juga melibatkan kompetisi jurnalistik dengan tema "Peran BUMN Terhadap Kemajuan Pers Melalui UKW", dengan total hadiah mencapai Rp50 juta. Pengumuman pemenang kompetisi jurnalistik dijadwalkan pada Juli 2024.

Direktur UKW PWI Pusat, Dr. Firdaus Komar MSi, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN, BNI, dan ASDP atas dukungan mereka terhadap UKW PWI di Bengkulu. Dukungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara industri pers dan sektor BUMN untuk kemajuan bersama.

Saat penutupan UKW ke-XXIII di Bengkulu, Dr. Zacky Antoni selaku Ketua tim penguji, menyampaikan selamat kepada 32 peserta yang telah mengikuti UKW. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan acara ini, termasuk BUMN, dalam hal ini PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), yang menjadi sponsor yang turut mendukung perkembangan wartawan dan media di Bengkulu.