Kementerian BUMN Dukung Profesionalisme Wartawan Melalui Program UKW dari PWI Pusat
Meneg BUMN ErickThohir bersama Ketua Umum PWI Pausat Hendry Ch Bangun dan Sekjen Sayid Iskandarsyah. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir, mengapresiasi peran wartawan sebagai elemen kunci dalam industri pers yang semakin profesional. Pemerintah, termasuk BUMN, menunjukkan perhatian serius terhadap industri pers dengan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Pusat.

Erick Thohir menekankan pentingnya profesionalitas wartawan dalam membaca setiap fakta di lapangan tanpa melukai atau menyakiti. Dukungan dari Kementerian BUMN untuk PWI Pusat dalam melaksanakan UKW di 38 Provinsi dan satu Daerah Khusus Solo menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kompetensi dan wawasan wartawan.

"Posisi media menjadi penting sebagai mitra pemerintah dalam memberikan edukasi dan membuat khalayak menjadi semakin terliterasi dengan baik," ujar Erick.

Dukungan tersebut diserahkan langsung oleh Erick Thohir kepada Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, yang dihadiri oleh sejumlah pengurus PWI seperti Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Direktur UMKM PWI Pusat Syarif Hidayatullah, dan Ketua Umum Forum Humas BUMN Agustya Hendy Bernadi, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin Sore 18 Desember.

Hendry Ch Bangun menyambut gembira dukungan yang diberikan oleh Kementerian BUMN, menganggapnya sebagai wujud nyata implementasi dukungan untuk peningkatan kompetensi dan pelatihan anggota PWI. "Ini artinya Kementerian BUMN mendukung program peningkatan kompetensi, peningkatan wawasan dan pelatihan bagi anggota-anggota PWI," kata Hendry.

Hendry juga berharap dukungan ini akan berlangsung secara berkelanjutan dan membahas tata cara pelaksanaan UKW secara teknis.

Pelaksanaan UKW akan dimulai di Aceh pada 22-23 Desember 2023, diikuti oleh provinsi-provinsi lainnya. Hendry Ch Bangun menekankan harapannya bahwa pelaksanaan UKW dapat dimanfaatkan oleh BUMN untuk lebih memahami dunia wartawan dan menjalin silaturahmi baik di tingkat pusat maupun perwakilan daerah.

Sebagai tradisi tahunan, PWI akan menggelar Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2024. Pada tanggal 7 Februari 2024, sebelum acara puncak HPN, akan diadakan seminar, konvensi, dan konferensi kerja nasional PWI. Ribuan wartawan dari seluruh provinsi di Indonesia diundang untuk menghadiri acara tersebut, di mana Menteri BUMN juga diharapkan menjadi salah satu pembicara terkait pengembangan BUMN dan kaitannya dengan kemajuan teknologi informasi yang berdampak pada media massa.