Catat, PWI Pusat Lanjutkan Program UKW Gratis di Seluruh Indonesia Pasca Idulfitri
Hendry Ch Bangun. (Bambang Eros VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pasca-Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali menggelar kelanjutan Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di 38 Provinsi se-Indonesia, serta satu daerah PWI khusus, PWI Surakarta.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, bersama Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, menyatakan bahwa kelanjutan UKW gratis ini telah terjadwal di PWI Provinsi sesuai dengan pengajuan pengurus masing-masing. Beberapa PWI daerah sudah siap melaksanakan UKW gratis, di antaranya Provinsi Papua Tengah, Riau, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Riau.

Para ketua PWI Provinsi menyambut antusias program ini. Ketua PWI Kepulauan Riau, Andi Gino, menyatakan terima kasih atas kesempatan untuk meningkatkan kualitas wartawan di daerahnya. Sementara Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono, menyambut baik program gratis yang dinantikan oleh anggota PWI.

“Setelah kick off pada akhir Desember 2023, UKW PWI Pusat gratis bersama BUMN yang telah sukses dilaksanakan di 10 PWI Provinsi yaitu di Papua Induk, Papua Selatan, Sulawesi Utara, Aceh, Yogyakarta, NTB, NTT, Bengkulu, Lampung, dan PWI Provinsi Kalteng,” jelas Hendry Ch Bangun dalam keterangannya yang diterima VOI, Kamis, 4 April.

Hendry Ch Bangun menyatakan bahwa minimal pada periode April-Mei 2024, UKW akan dilaksanakan di 10 Provinsi. Beberapa Provinsi seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Provinsi Kalimantan akan menjadi lokasi pelaksanaan UKW.

Dengan kelanjutan program UKW gratis di 10 Provinsi ini, PWI Pusat juga meneruskan kerjasama dengan BUMN, yang sebelumnya telah dilaksanakan di 10 Provinsi. Dengan demikian, total PWI Provinsi yang telah melaksanakan program UKW gratis mencapai 20 Provinsi.

Selain UKW gratis, PWI Provinsi juga mendapat kesempatan UKW gratis dengan fasilitas Dewan Pers. Pelaksanaan UKW dengan fasilitas Dewan Pers telah dimulai di PWI Sumatera Utara pada Maret 2024.

Direktur UKW PWI Pusat, Firdaus Komar, menyampaikan apresiasi kepada Kementerian BUMN yang telah mendukung program UKW gratis. Program ini juga disusul dengan kompetisi jurnalistik dengan total hadiah Rp50 juta.

Kompetisi jurnalistik ini membuka kesempatan bagi peserta UKW PWI gratis untuk berpartisipasi. Peserta diminta untuk mengirimkan karya jurnalistik dengan tema terkait peran BUMN dalam kemajuan pers melalui UKW. Karya yang dilombakan berupa feature dengan minimal 1.500 karakter dan dikirimkan setelah tiga hari pelaksanaan UKW di masing-masing daerah.

Pelaksanaan UKW gratis memerlukan persiapan administrasi dan koordinasi antara PWI Provinsi dengan LUKW PWI. PWI Provinsi juga diwajibkan untuk mempublikasikan informasi terkait penyelenggaraan UKW gratis.

Dengan berbagai inisiatif ini, PWI terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas wartawan di seluruh Indonesia melalui program UKW gratis.