Bagikan:

JAKARTA - Konkernas PWI 2024 PWI 2024 yang berlangsung di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu 21 Agustus, secara tegas menolak Kongres Luar Biasa (KLB) PWI yang baru-baru ini diadakan di Jakarta. KLB tersebut diselenggarakan oleh pihak-pihak yang telah diberhentikan dari kepengurusan. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh ketua dan pengurus dari 30 PWI Provinsi, peserta Konkernas PWI 2024 memberikan dukungan penuh kepada Hendry Ch Bangun sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028.

Konkernas PWI 2024 yang mengusung tema "Merawat Kebersamaan Menuju PWI yang Lebih Baik" ini dibuka secara resmi oleh Hendry Ch Bangun. Dalam sambutannya, Hendry Ch Bangun menegaskan tidak adanya dualisme dalam kepemimpinan PWI Pusat. Kepengurusan yang sah, menurutnya, adalah hasil dari Kongres PWI di Bandung pada 27 September 2023, yang menetapkan dirinya sebagai Ketua Umum PWI Pusat.

Hendry Ch Bangun juga mengkritik keras KLB yang diinisiasi oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan PWI. Ia menegaskan bahwa KLB tersebut diadakan oleh mantan pengurus yang telah diberhentikan karena melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PWI, sehingga KLB tersebut dianggap tidak sah dan ilegal.

“KLB tersebut diadakan oleh orang-orang yang sudah diberhentikan. Mereka tidak lagi mewakili PWI secara sah. KLB itu ilegal dan tidak memiliki legitimasi," tegas Hendry Ch Bangun dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.

Sejak terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun telah merealisasikan berbagai program kerja yang dijanjikan dalam Kongres di Bandung, khususnya dalam meningkatkan profesionalisme dan wawasan kebangsaan wartawan melalui Program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI).

Dari 27 September 2023 hingga saat ini, PWI Pusat di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun telah sukses menggelar 20 kali UKW gratis di berbagai provinsi. Hingga akhir Desember 2024, UKW gratis akan diadakan di 38 provinsi, termasuk satu sesi di PWI Solo.

Selain itu, Program SJI gratis telah dilaksanakan di empat provinsi, dan akan menyusul di empat provinsi lainnya, termasuk Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Dalam kegiatan lain, seperti edukasi dan sosialisasi Pilkada Damai, PWI Pusat di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun juga terus dipercaya sebagai mitra strategis. PWI tetap diakui sebagai mitra terpercaya oleh Korea Selatan dan China dalam kerjasama internasional.

“Di tengah dinamika organisasi dan tantangan masa depan, PWI tetap eksis dan mendapat kepercayaan tinggi dari berbagai pemangku kepentingan,” pungkas Hendry Ch Bangun di acara Konkernas PWI 2024.