Puluhan Rumah di Tanjung Palas Timur Bulungan Terendam Banjir
Polsek Tanjung Palas Timur berikan bantuan kepada korban banjir di Desa Mangkupadi.

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan evakuasi dan sekaligus bantuan kepada masyarakat Kilometer 9 Desa Mangkupadi yang terdampak banjir.

Kapolsek Tanjung Palas Timur, Iptu Firman Arifai mengungkapkan tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Desa Mangkupadi beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah rumah terendam banjir. 

"Hujan beberapa hari ini mengakibatkan Sungai Mangkupadi meluap sampai ke jalanan dan merendam beberapa pekarangan dan rumah  penduduk," kata Iptu Firman, Rabu, 24 Januari.

Kapolsek menjelaskan, ketinggian banjir yang terjadi saat ini di perkirakan mencapai 80 cm hingga 200 cm dan meluas di wilayah RT 04,  RT 09 dan RT 14 Desa mangkupadi. 

"Kondisi air berarus deras dan membawa sisa-sisa potongan kayu yang ada di sungai," ujarnya.

Data sementara Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir diperkirakan 50 KK dengan jumlah jiwa sekira 250 Jiwa. 

"Personel Polsek ikut membantu evakuasi warga ke dataran yang tinggi dan memberikan bantuan bahan makanan," jelasnya.

Sejumlah warga, lanjut Firman, dievakuasi menggunakan perahu terutama  masyarakat yang tidak bisa keluar dari rumah akibat ketinggian air yg semakin tinggi.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan dalam hal ini BPBD Bulungan dan Provinsi untuk meminta melakukan proses bantuan evakusi kepada masyarakat masyarakat yang masih belum bisa dijangkau lokasinya sampai saat ini," pungkasnya.