3 Rumah Hanyut Akibat Banjir di Desa Mangkupadi Bulungan
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Banjir masih merendam  Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Kondisi ini membuat aktivitas warga setempat lumpuh total.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan, Rapidin menyebutkan sebanyak 250 jiwa dari 50 kepala Keluarga (KK) terdampak banjir tersebut. 

"Tiga rumah warga dikabarkan hanyut akibat terbawa arus banjir, banjir ini akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terus terjadi sejak Selasa (23/1) hingga Kamis (25/1)," kata Rapidin, Kamis, 25 Januari.

Selain itu, lanjut Rapidin, banjir juga menggenangi beberapa ruas jalan seperti di kilometer (KM) 6, 7, 8, 9 dan 10. Rt.4, RT. 9 dan RT 14 Desa mangkupadi.

"Pekarangan rumah warga terendam banjir dengan m ketinggian air sekira 80 cm hingga 2 meter, arus air pun cukup deras sehingga membuat batang dan patahan kayu terbawa arus," jelasnya 

BPBD bersama pemdes dan kecamatan setempat terus melakukan pemantauan dan memberikan bantuan. Meski banjir ini belum masuk kategori kejadian luar biasa. 

"Beberapa warga telah kita evakuasi di beberapa titik, seperti di penginapan milik Kades dan rumah warga lainnya," pungkasnya.