Bagikan:

JAKARTA - Polri bakal membentuk Direktorat Siber di tingkat Polda jajaran. Perkembangan prosesnya disebut masih tahap sosialisasi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi Adrimulan Chaniago menyebut ada 8 Polda yang rencananya akan dibentuk Direktorat Siber.

"Terkait pemekaran Siber di beberapa Polda itu memang sudah benar akan dilakukan pembentukan Ditsiber di delapan polda, dan sekarang sedang tahap harmonisasi atau sosialisasi," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi Adrimulan Chaniago kepada wartawan, Rabu, 24 Januari.

Delapan polda yang akan membentuk Direktorat Siber antara lian, Polda Metro Jaya, Polda Sumatera Utara, Polda Bali, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, Polda Sulawesi Tengah, dan Polda Papua.

Langkah sosialisasi, kata Erdi, merupakan tindak lanjut usai mendapat restu dari Kememterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) perihal pemekaran tersebut.

Selanjutnya barulah akan mempersiapkan sumber daya manusia dan lainnya dalam pembentukan Direktorat Siber tersebut.

"Jadi sosialisasi, kemudian ada peraturan-peraturan kepolisiannya itu disiapkan dulu. Sumber daya organisasi tersebut kita siapkan, sarana-prasarananya serta anggarannya," kata Erdi.