Teror KKB Bikin Penerbangan ke Sugapa Terhenti
Anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz gugur akibat ditembak KKB di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah , Sabtu (20/1). (ANTARA/HO/Satgas Damai Cartenz)

Bagikan:

JAYAPURA - Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menyebut, perusahaan penerbangan saat ini takut menerbangkan pesawatnya ke Sugapa, Ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, karena adanya ancaman penembakan oleh KKB.

"Akibat adanya ancaman penembakan dari KKB menyebabkan hari ini Senin (22/1) tidak ada pesawat yang terbang ke Sugapa," kata Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri dilansir ANTARA, Senin, 22 Januari.

AKBP Afrizal mengatakan bila cuaca cerah, ada 20 kali penerbangan ke Bandara Bilorai Sugapa

Penerbangan ke Bilorai biasanya dari Nabire dan Timika dengan menggunakan pesawat berbadan kecil.

Menurut Kapolres, penjabat Bupati Intan Jaya akan melakukan rapat dengan Forkopimda untuk mengambil langkah-langkah terkait masalah tersebut.

KKB pada Minggu (21/1) memberikan peringatan kepada pelanggan pesawat Timika, Nabire agar tidak menerbangkan pesawatnya ke Bandara Bilorai, Sugapa karena mereka siap menembak.

Sebelumnya pada Jumat (19/1), KKB menyerang Pos Brimob di Sugapa hingga menyebabkan seorang anggota Brimob yakni Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy gugur.

Selain itu KKB juga menembak warga sipil Yusak Sondegau hingga tewas.