Usai Debat Keempat, Cak Imin Tagih Videotron Seperti Anies
Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diacara debat cawapres, Minggu 21 Januari (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menagih untuk dibuatkan videotron menampilkan dirinya, seusai debat keempat cawapres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Minggu, 21 Januari malam.

Permintaan ini disampaikan Cak Imin lewat akun X (Twitter) pribadinya. Cak Imin merasa dirinya pantas mendapat hadiah dibuatkan videotron seperti capresnya, Anies Baswedan.

"Videotron," tulisnya dalam akun @cakimiNow, disertai emoticon wajah berkacamata hitam, dikutip Senin, 22 Januari.

videotron
Tangkapan layar X (@olpproject)

Akun X @olpproject, akun pendukung Anies yang juga menginisiasi pemasangan videotron Anies di berbagai daerah, langsung membalas cuitan Cak Imin. Mereka mengatakan pembuatan videotron untuk dipajang sedang berproses.

"On progress," balas akun @olpproject.

Sebelum debat keempat berlangsung, para pendukung di media sosial berharap Cak Imin unggul dalam debat, tak seperti pada debat kedua beberapa waktu lalu. Bahkan, warganet membuat narasi seolah-olah akan menculik Cak Imin ke Rengasdengklok jika berpenampilan buruk dalam debat.

Sebaliknya, jika performa Cak Imin meningkat dalam debat, pendukung Anies yang terafiliasi dalam akun X @aniesbubble menjanjikan untuk membuatkan videotron ala oppa Korea. Janji inilah yang ditagih oleh Cak Imin.

Dalam debat kemarin, argumentasi yang diungkapkan Cak Imin kerap menyinggung pemerintah. Bahkan, dalam segmen pertama yakni paparan visi-misi dan program, Cak Imin langsung mengkritik proyek food estate yang dijalankan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga capres nomor urut 2 dan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Cak Imin juga terus mengkritik program Jokowi seperti hilirisasi yang proyeknya akan diteruskan oleh Prabowo-Gibran.

Mendapat serangan yang menyasar ke Jokowi dan Prabowo, Gibran membalas Cak Imin dengan menyindir. Sindiran ini disampaikan usai Cak Imin menjawab pertanyaan yang disiapkan panelis soal langkah untuk mengatasi permasalahan pangan akibat perubahan iklim ekstrem.

Awalnya Cak Imin menjawab pertanyaan yang telah disiapkan panelis. Usai menjawab, Gibran diberi kesempatan untuk menanggapi jawaban Cak Imin. Saat itulah Gibran menyindir Ketua Umum PKB tersebut.

“Enak banget ya Gus, jawabnya sambil baca catatan tadi,” kata Gibran dalam debat keempat di Jakarta Convention Center, Minggu, 21 Januari.

Menanggapi hal tersebut, Cak Imin menyampaikan yang terpenting catatan tersebut bukan dari catatan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang penting ini bukan catatan Mahkamah Konstitusi," ujar Cak Imin.

Hal ini jelas menyindir Gibran atas kasus pelanggaran etik Hakim Konstitusi karena putusan batas usia capres-cawapres. Putusan yang membuka pintu bagi Gibran maju sebagai cawapres mengakibatkan pamannya, Anwar Usman, diberhentikan dari jabatan Ketua MK.

Usai debat keempat berlangsung, Anies langsung memeluk Cak Imin sebagai ungkapan memberi selamat. Tak sedikit warganet di media sosial yang mengapresiasi penampilan Cak Imin dalam debat keempat.