Bagikan:

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan akan bicara soal kekompakannya dengan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD. Dia bilang, kekompakan ini untuk menjaga marwah debat.

“Ini bukan soal kompak dalam artian kesepakatan. Ini soal kompak sama-sama menjaga marwah debat, bahwa debat itu adalah sebuah proses berpikir bersama, lawan debat itu kawan berpikir kalau dikatakan Gus Muhaimin. Jadi, Pak Mahfud menjaga derajat perdebatan menjadi proses yang terhormat,” katanya usai debat keempat Pilpres 2024, di JCC, Minggu, 21 Januari.

Menurut dia, masyarakat Indonesia perlu melihat upaya pasangan calon bekerja sama menjaga kehormatan dalam ajang debat. Dia bilang dalam debat pasti ada perbedaan namun perlu disampaikan dengan rasa hormat.

“Tadi dilihat sebagai kerja sama, ya memang sama-sama jaga kehormatan, justru itulah yang harus diliat oleh rakyat Indonesia. Dalam sebuah perdebatan tentu ada perbedaan tapi disampaikan dengan rasa hormat, disampaikan dengan menghargai,” ujarnya.

Anies bilang etika dalam debat perlu sama-sama dijaga, meksipun isi di dalam debat tersebut bukan sesuatu yang nyaman untuk didengar.

Lebih lanjut, Anies menilai pasangannya yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Cawapres nomor urut 03, Mahfud MD berhasil menjaga kerhormatan debat cawapres malam ini.

“Walaupun isinya bisa jadi bukan sesuatu yang nyaman didengar, tapi etik dalam prosesnya dijaga dan itu yang membuat Gus Imin dan Pak Mahfud nampak kelihatan sama. Sama-sama bawa etika yang tinggi,” jelasnya.