BNPB Beri Bantuan ke Pemda Terdampak Banjir di Riau
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memberikan bantuan untuk pengungsi terdampak banjir di Provinsi Riau, Kamis (18/1/2024). (ANTARA/HO-BNPB)

Bagikan:

PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memberikan bantuan pangan dan non-pangan kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang terdampak banjir di Riau.

BNPB memberikan dana siap pakai (DSP) untuk 10 wilayah kabupaten/kota sebesar Rp250 juta, sedangkan Provinsi Riau Rp350 juta.

“Memang banjir tahun ini merupakan siklus hampir dua puluh tahun sekali karena curah hujan cukup besar,” ujar Suharyanto dalam keterangannya dikutip ANTARA, Jumat, 19 Januari.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau per Rabu (17/1) total warga mengungsi berjumlah 2.523 KK (9.930 jiwa). Pengungsian tersebar di enam kabupaten, yaitu Pelalawan, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Dumai, Bengkalis, dan Siak.

Setelah mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Suharyanto didampingi Pj Gubernur Riau, perwakilan Komisi VIII DPR dan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB melakukan pemantauan banjir melalui udara.

Peninjauan wilayah dengan helikopter untuk melihat kondisi terkini wilayah Pelalawan dan Indragiri Hulu yang masih terdapat genangan.

Suharyanto menyempatkan untuk mendarat di Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu untuk bertemu dengan warga terdampak banjir di pos pengungsian Danau Raja dan membagikan bantuan BNPB.

Selepas kunjungan di Indragiri Hulu, helikopter bertolak kembali ke bandara di Pekanbaru.

Dari pantauan udara, Suharyanto melihat dampak banjir juga mengakibatkan terganggunya akses jalan penghubung provinsi mulai dari Sumatera Utara, Sumatera Barat sampai ke Provinsi Riau, ada yang tergenang air. Menurut dia, hal ini membutuhkan penanganan secara komprehensif.

Suharyanto mengatakan, warga terdampak rata-rata sudah mengungsi lebih dari satu minggu. Pihaknya mengharapkan banjir dapat segera surut dan masyarakat dapat beraktivitas normal.

Kepala BNPB melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi pos pengungsian di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Suharyanto melihat kondisi warga yang terdampak banjir dan memastikan penanganan warga terdampak berlangsung baik. Wilayah yang masih tergenang berada di Kecamatan Rumbai.

 

Saat bertemu kelompok ibu di pos pengungsian, Suharyanto menyemangati mereka dalam menghadapi bencana. Kepala BNPB juga meminta warga untuk bersabar ketika berada di pengungsian. Sebelum meninggalkan tempat itu, ia menyerahkan kembali bantuan kepada warga terdampak.

Selain Dana Siap Pakai, BNPB juga memberi bantuan pangan dan non-pangan berupa makanan siap saji 500 paket, sembako 500 paket, selimut 500 buah, matras 500 buah, hygiene kits 500 paket, sabun cair 500 botol, tower lamp 5 unit, pompa alcon 5 unit, tenda keluarga 4 unit, tenda pengungsi 2 unit, genset 2 unit, perahu dan mesin 2 unit,

Pemerintah daerah yang menerima bantuan pangan dan non-pangan yaitu Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru.