Banjir di Kuansing Surut, BNPB Riau Ingatkan 167 Warga Terdampak Waspada Potensi Hujan Deras
Petugas melintas di lokasi banjir di Kuansing. (Antara)

Bagikan:

RIAU - Sebanyak 164 warga terdampak banjir akibat luapan Sungai Tangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Banjir melanda usai hujan lebat terjadi pada Senin 26 Juni dini hari.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, warga yang terdampak berasal dari 41 kepala keluarga (KK).

"Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, banjir yang melanda Desa Rambahan, Kecamatan Logas, Tanah Darat ini berdampak pada 41 unit rumah, tiga fasilitas ibadah dan dua fasilitas umum dengan ketinggian muka air berkisar 110 cm," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 27 Juni, disitat Antara.

Menurutnya, saat ini kondisi banjir di Kuansing telah berangsur surut.

"Sebagai upaya dalam penanganan darurat, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat guna melakukan pendataan, penanganan, dan evakuasi," ujarnya.

Menyikapi ancaman potensi hujan tinggi yang masih terjadi, Abdul bilang BPBD telah menginformasikan peringatan dini cuaca ekstrem kepada BPBD kabupaten kota di Riau.

BPBD juga mengimbau masyarakat waspada dengan ancaman bencana hidrometeorologi seperti longsor dan angin kencang.

"BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap curah hujan yang diprakirakan masih akan mengguyur lokasi kejadian," ujar Abdul.