Bagikan:

JAKARTA - Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo memaparkan pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 yang meliputi pengerjaan Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas telah mencapai 67,26 persen per tanggal 25 Desember 2023.

Kini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran dinding dan lantai peron pada suar penyejuk, pemasangan noseblade persiapan jacking pada entrance 1 Jalan Museum, pengecoran dinding struktur pada entrance dua silang barat daya monas.

Dilakukan juga pengetesan parsial sistem mekanikal elektrikal terpasang di gardu induk, pemasangan sistem HVAC, jalur kabel, pipa suplai air, drainase dan sistem pemadam kebakaran.

Termasuk penyelesaian pekerjaan arsitektural di gardu induk, pekerjaan instalasi dinding bata ringan, finishing serta pengecatan stasiun, serta pemasangan rangka ACP dan rangka pendukung langit-langit stasiun.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi penyelesaian pengecoran lantai beranda peron stasiun, penggalian dan pengecoran lantai dasar stasiun, pengecoran kolom sisi utara stasiun.

Kemudian jet grouting persiapan pembangunan entrance empat, pemasangan OTE Duct sisi utara stasiun, pembangunan kembali drainase untuk pekerjaan area parkir kereta, dan pemasangan pipa drainase di bawah peron.

"Per 25 Desember 2023 pula, sedang dilakukan penyelesaikan pembongkaran mesin bor terowongan 1. Tim konstruksi juga terus mengerjakan pemasangan tunnel walkway sekaligus pengecoran track bed di terowongan dan pemasangan pipa pemadam kebakaran," kata Pratomo dalam keterangannya, Rabu, 10 Januari.

Sementara pada pembangunan CP 202 yang meliputi Stasiun Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar) progres per 25 Desember 2023 telah mencapai 23,81 persen dengan cakupan pekerjaan meliputi pekerjaan D-Wall Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar dan fabrikasi pembesian D-Wall.

"Pascapenandatanganan paket kontrak (contract package) CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota) pada 20 April 2021, pekerjaannya pun sudah terus berlanjut dan berjalan sesuai jadwal," urai dia.

Progres CP 2023 kini sudah mencapai 42,97 persen dengan pekerjaan di Stasiun Glodok meliputi pekerjaan perakitan TBM 1 di sisi utara stasiun, persiapan peluncuran TBM 2 di sisi selatan stasiun, perakitan gantry crane untuk pekerjaan pembangunan terowongan, dan persiapan konstruksi dinding peron.

Sedangkan di Stasiun Kota, sedang dilakukan pekerjaan penggalian tanah untuk upper dan lower concourse slab serta pembangunan strukturnya.

Sementara progres CP 205 sedang dalam pengadaan sistem perkeretaapian dan rel yang meliputi Bundaran HI—Kota dilakukan dengan sistem international competitive bidding.

"Pada 30 November 2023, tiga perusahaan kontraktor telah memasukkan dokumen proposal dan saat ini sedang dilakukan evaluasi teknis serta finansial," urai Pratomo.

Pada CP 206 rolling stock (ratangga), telah diperoleh conditional JICA concurrence untuk pelaksanaan tender. Target call for tender pada Q4 2023.

[see_also]

- https://voi.id/berita/346452/muhaimin-awas-ya-saya-pelototi-satu-satu-caleg-kalau-sampai-menang-tapi-amin-kalah

- https://voi.id/berita/346449/megawati-semangati-kader-pdip-menangkan-ganjar-mahfud-satu-putaran-siap

- https://voi.id/berita/346432/menhan-prabowo-pembangunan-giant-sea-wall-jangan-terjebak-politik-5-tahunan

- https://voi.id/berita/346408/wapres-ma-ruf-amin-pose-salam-metal-tiga-jari-di-hut-ke-51-pdip-tapi-sempat-lihat-tangan-sendiri

- https://voi.id/berita/346399/pemerintah-akan-bangun-tanggul-laut-antisipasi-banjir-rob-di-jawa

[/see_also]

Sedangkan CP 207 automatic fare collection system (sistem pembayaran), sedang dalam tahap penyusunan dokumen tender dan penyelesaian aspek kontraktual maupun teknis. Call for tender telah dilaksanakan pada November 2023.

Sebagai informasi, fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Sementara itu, Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).