Megawati di HUT ke-51 PDIP: Kita Bisa Seperti Ini Bukan Karena Elite atau Presiden
Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya bisa seperti sekarang bukan karena elite politik maupun presiden. Rakyat yang disebut berperan sehingga para kader wajib memperkuat akar rumput.

Hal ini disampaikan Megawati saat berpidato politik saat peringatan HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta. Awalnya, Presiden ke-5 RI ini menyinggung soal rumput yang bisa tumbuh di mana saja dan kuat sama seperti rakyat.

“Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dicabut, tetap akan selalu tumbuh. Karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Tolong ingat! Itulah rakyat,” kata Megawati mengawali pidatonya.

Sehingga, Megawati mengingatkan kadernya untuk turun bertemu rakyat. “Sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah nafas kontemplasi kita,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Megawati kemudian mengucap syukur partainya sudah berdiri selama 51 tahun. Katanya, partai berlambang banteng ini sudah biasa berjuang dari mulai masih bernama PDI hingga sekarang menjadi PDI Perjuangan.

Tapi, kemampuan bertahan ini bukan karena sosok tertentu apalagi presiden. Megawati bilang rakyat yang selalu bersama mereka.

“51 tahun kita bisa menjadi seperti ini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri tapi karena rakyat yang mendukung kita,” pungkasnya.