Bagikan:

JAKARTA - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto yakin capres nomor urut tiga bakal bersinar di debat kelima. Eks Gubernur Jawa Tengah itu diyakini menguasai tema tentang kesejahteraan sosial, pendidikan, kebudayaan, hingga sumber daya manusia (SDM).

“Debat lima ini isunya Mas Ganjar banget, isunya Mas Ganjar banget, ya. Tampaknya kerja kami di TPN lebih ringan untuk menyiapkan debat kelima tersebut,” kata Andi kepada wartawan yang dikutip Selasa, 9 Januari.

Sementara untuk tema keempat yang bakal diikuti Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres), persiapan sudah dilakukan. Pemahaman soal isu lingkungan juga akan disampaikan oleh tim.

“Debat keempat ini, kami sedang, ya, persiapannya sudah. Debat keempat ini (temanya, red) lingkungan. Jadi isu yang mudah. Nanti Pak Mahfud mendapatkan pemahaman-pemahaman banyak tentang isu lingkungan,” tegasnya.

“Terutama dari sektor hukum,” sambung eks Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) tersebut.

Sebagai informasi, ada lima tema yang diusung dalam debat capres dan cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pertama adalah terkait pemerintah, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga yang diikuti tiga capres.

Tema kedua adalah ekonomi yaitu ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, serta perkotaan. Dalam debat ini giliran calon wakil presiden (cawapres) yang menyampaikan gagasannya.

Berikutnya, debat ketiga terkait dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, serta geopolitik. Keempat adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat dan desa.

Tema debat terakhir adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.