Bagikan:

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memastikan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, tidak akan menggunakan strategi menyerang lawan dalam debat ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

Soalnya, TKN mengklaim tema debat merupakan makanan sehari-hari Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan RI.

Sekretaris TKN, Nusron Wahid, mengungkapkan Prabowo hanya ingin menyampaikan gagasan terkait tema debat yakni soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Tujuannya menyampaikan visi dan misi secara baik. Tidak ada unsur serang-menyerang. Jadi, mengalir seperti air saja," ujar Nusron, Minggu, 7 Januari 2024.

Kendati demikian, Politikus Golkar itu mengatakan Prabowo selalu mengantisipasi jika mendapat serangan dari capres lain. 

Hanya saja, lanjut Nusron, Prabowo akan menjawab dengan santai. Yang jelas, Ketua Umum Gerindra itu tidak akan mempermalukan atau merendahkan capres lain.

"Yang namanya debat menghadapi serangan, ya, biasa, tinggal dijawab saja," kata Nusron.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, meyakini capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan bersinar di debat ketiga.

Dia menilai Prabowo menguasasi tema debat yang meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Tema debat ketiga ini adalah Pak Prabowo banget. Jadi, bagi kami, kami percaya diri Pak Prabowo akan mampu menghadirkan visi sebagai pemimpin strategis dan pemimpin visioner dalam dunia yang serba-bergejolak dan tidak pasti," ujar Budiman di Sekber Relawan Prabowo-Gibran, Jakarta Barat, Kamis, 4 Januari 2024.

Menurut Budiman, Prabowo mampu mengantisipasi ketidakpastian global di tengah banyaknya negara yang akan menyelenggaran pemilu. Pasalnya, ada lebih dari 50 negara bakal mengganti pemimpin.

"Apalagi ada peristiwa pemilu di banyak negara yang strategis di dunia, ini kita bisa mengantisipasinya," sambungnya.

Kendati demikian, Budiman memastikan Prabowo akan tetap konsisten untuk tidak menyerang capres lain dalam debat ketiga. Prabowo, kata dia, hanya akan bicara soal visi dan misi serta gagasan pasangan nomor urut 2.

"Evaluasinya, kita tetap konsisten, kita akan bicara visi dan misi bukan bicara mencari kejelekan orang lain. Sekali lagi saya ingatkan bahwa debat capres-cawapres adalah debat termahal di dunia atau minimal di Indonesia," tegas Budiman.