Jakarta Hujan Deras, Jalanan Kemang Tergenang, 5 RT Banjir
Arsip foto - Warga berjalan sambil membawa payung saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj/aa.

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanhak 5 RT dan 6 ruas jalan di Jakarta terendam banjir akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga sore ini.

“BPBD mencatat saat ini terdapat 5 RT atau 0,016 persen dari 30.772 RT dan 6 ruas jalan tergenang," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Kamis, 4 Januari.

Banjir pada 5 RT per pukul 16.00 WIB berada di tiga kelurahan Jakarta Selatan. Di antaranya 2 RT di Kelurahan Pejaten Barat dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter, 1 RT di Kalibata dengan ketinggian air hingga 60 sentimeter, dan 2 RT di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter.

Sementara, 6 ruas jalan tergenang berada di:

1. Jalan Taman Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 40 sentimeter

2. Jalan Empang 3, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 30 sentimeter

3. Jalan AUP Depan Bank BNI Pasar Minggu, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 20 sentimeter

4. Jalan Kemang Utara IX, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 40 sentimeter

5. Jalan Pelita 5, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dengan ketinggian air 20 sentimeter

6. Jalan Perjuangan Ceger, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dengan ketinggian air 30 sentimeter

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," tutur Isnawa.