KPU DKI Terima 14,9 Juta Surat Suara DPR dan DPRD untuk Pemilu 2024
Petugas merapikan logistik kotak suara Pemilu 2024 di GOR Tanah Abang, Jakarta, Selasa (2/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta sudah menerima sebanyak 14,9 juta surat suara DPR dan DPRD DKI untuk Pemilu 2024.

"Angka tersebut posisi per 2 Januari yang diterima kabupaten/ kota," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina di Jakarta, Rabu 3 Januari, disitat Antara,

Nelvia merinci sebanyak 14,9 juta surat suara itu, yakni 6,5 juta surat suara DPRD DKI Jakarta dan 8,4 juta surat suara DPR RI yang siap untuk didistribusikan.

Dari jumlah surat suara itu, surat suara DPR RI yang diterima sudah memenuhi kebutuhan. Sedangkan surat suara DPRD DKI masih dalam proses.

"Surat suara DPRD DKI yang diterima kabupaten/ kota berjumlah 6,5 juta yakni 76.91 persen dari total surat suara yang dibutuhkan yakni 8,4 juta," tuturnya.

Dia berharap, proses penerimaan tersebut bisa dilakukan secepatnya demi kelengkapan logistik menjelang Pemilu 2024.

KPU DKI Jakarta menargetkan pendistribusian surat suara DPRD DKI yang berjumlah 8,4 juta itu rampung pada 25 Desember lalu. Namun, kata Nelvia, target tersebut belum tercapai karena adanya pengunduran waktu pengiriman surat suara ke KPU Jakarta Barat.

Nelvia menegaskan, tidak ada kendala dalam target pendistribusian, hanya perlu penyesuaian waktu dalam prosesnya sehingga membutuhkan lebih banyak waktu.

Dengan demikian, pihak KPU DKI akan mengupayakan pendistribusian surat suara DPRD DKI Jakarta rampung pada 5 Januari 2024.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta mengungkapkan pendistribusian surat suara untuk pemilihan calon anggota DPRD DKI Jakarta hingga saat ini telah mencapai 80 persen.

"Surat suara DPRD DKI Jakarta sudah 80 persen diterima oleh KPU kabupaten/ kota," tandasnya.

Terkait